Review Jurnal: Isolasi Senyawa Minyak Atsiri Dari Tanaman Lada Hitam ( Piper nigrum L.) dan Sereh Wangi (Cymbopogon winterianus Jowitt)

Authors

  • Arline Rahmadianti Kusumawardhani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Shinta Puspa Dwiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siti Nafisa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sofianti Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aliya Azkia Zahra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Vriezka Mierza Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10325

Abstract

Minyak atsiri adalah minyak yang bersifat mudah menguap (volatil), karena titik didihnya yang rendah, merupakan zat alami yang diketahui memiliki aktivitas antimikroba. Lada merupakan salah satu jenis rempah yang cukup penting di Indonesia karena peranannya. Sereh wangi (Cymbopogon winterianus Jowitt) merupakan salah satu tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Dalam review jurnal ini metode yang digunakan merupakan studi literatur ilimiah dan meta analisis sebanyak 14 jurnal dengan tahun terbit 2012 hingga 2022 melalui mesin pencarian Google Scholar, PubMed, ScienceDirect dan Textbook Mikrobiologi. Isolasi minyak atsiri dari suatu bahan alam dapat dilakukan dengan berbagai cara yang meliputi ekstraksi dengan pelarut organik, ekstraksi dengan uap langsung, ekstraksi dengan pengepresan, ekstraksi dengan lemak padat, serta dengan cara destilasi atau penyulingan. Ekstraksi minyak atsiri dilakukan menggunakan metode destilasi uap dan komposisi kimianya diidentifikasi dengan KG-SM (Kromatografi Gas Spekrometer Massa).

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Kusumawardhani, A. R. ., Dwiyanti, S. P. ., Nafisa, S. ., Hidayat, S. ., Zahra, A. A. ., & Mierza, V. . (2022). Review Jurnal: Isolasi Senyawa Minyak Atsiri Dari Tanaman Lada Hitam ( Piper nigrum L.) dan Sereh Wangi (Cymbopogon winterianus Jowitt). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11746–11755. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10325

Most read articles by the same author(s)