Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru di MTS Muhammadiyah Simpang Tiga
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10224Abstract
MTs Muhammadiyah Simpang Tiga masih memiliki jumlah peserta didik yang sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di MTs Muhammadiyah Simpang Tiga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTs Muhammadiyah Simpang Tiga telah melakukan strategi untuk meningkatkan jumlah peserta didik dengan menggunakan dua strategi, yaitu: strategi interen madrasah dan strategi eksteren madrasah. Adapun langkah yang dilakukan dalam strategi interen madrasah, yaitu: 1) Meningkatkan kualitas peserta didik, dalam bentuk upaya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menerapkan nilai-nilai Islam, memprioritaskan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK); 2) Memperbaiki sarana prasarana madrasah, diantaranya melakukan renovasi ruangan, pengecetan, pembuatan taman, yang pada prinsipnya menjadikan penampilan sekolah menjadi lebih menarik. Sedangkan strategi eksteren madrasah, dilakukan dengan langkah sebagai berikut: 1)Sosialisai dengan perangkat pemerintah sekita, adapun kegiatannya yaitu MTs Muhammadiyah Simpang Tiga melakukan sosialisai dengan perangkat pemerintah memperkenalkan program unggulan dan sekolah gratis. dan 2) Pembuatan Brosur dan spanduk, brosur dan spanduk yang dibuat oleh MTs Muhammadiyah Simpang Tiga memuat beberapa infromasi seperti, syarat pendaftaran, visi-misi madrasah, kegiatan yang dilaksanakan, prestasi yang sudah diraih, sarana prasarana yang dimiliki, dan tenaga pendidik.3). sistem jemput bola yaitu mencari calon peserta didik yang putus sekolah dan mengajak untuk ikut program gratis sekolah di MTs Muhammadiyah Simpang Tiga.Downloads
Published
2022-12-16
How to Cite
Nila Syukrain, M., Marsidin, S. ., & Sulastri, S. . (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru di MTS Muhammadiyah Simpang Tiga. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11637–11642. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10224
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 M.Ridho Nila Syukrain, Sufyarma Marsidin, Sulastri Sulastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).