Kiprah Seorang Kepala Sekolah dalam Memberikan Motivasi Kerja Kepada Guru di MIS Rabbani Islamic School Sawahlunto
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9820Abstract
Dalam riset yang dilaksanakan penulis yang bertujuan untuk mendeskripsikan kiprah seorang kepala sekolah memberikan dorongan tugas pada guru. Peneliti melakukan analisis memakai teknik analisis yakninya metode penelitian kualitatif dimana lokasi penelitian dilaksanakan di MIS Rabbani Islamic school Sawahlunto. Penyusun memakai kiat akumulasi bahan melalui eksplorasi, studi dokumentasi, juga wawancara untuk mendapatkan informasi. Proses dalam mendapatkan informan menggunakan teknik snowball sampling. Dimana kepala sekolah sebagai saksi kunci dalam mendapatkan informasi selain guru, nanti kepala sekolah akan menyampaikan arahan kepada penulis tentang karakteristik guru bakal diseleksi penulis berimbang yang diharapkannya. Melaksanakan analisis data menggunakan kiat penguraian bahan yaitu lewat penyusutan, pengajuan, serta deflasi dterminasi. Setelah melakukan ulasan maka akan diterima hasil dalam penelitian ini ialah 1) kiprah seorang kepala sekolah ibarat motivator nan membagikan dorongan tinggi ke pendidik, menerapkan pengaturan lingkungan tugas nan konstruktif, mengampukan kenyamanan ilkim kerja, dan menerapkan andil hukuman serta penghargaan, 2) ulasan ini didapatkan bahwa motivasi kerja guru termasuk dalam standar ukuran yaitu cukup baik guna memperhatikan kewajibannya dan sebanding bersama yang dimohon, 3) unsur penunjang kiprah kepala sekolah memberikan dorongan ke pendidik di Mis Rabbani Islamic School yaitu fasilitas sekolah yang cukup, suasana kerja yang menyenangkan, motivasi dan mempunyai komitmen yang besar, kematangan pibadi, serta kepuasan kerjaDownloads
Published
2022-12-07
How to Cite
Dahliawati , D. ., Marsidin, S. ., & Sulastri, S. . (2022). Kiprah Seorang Kepala Sekolah dalam Memberikan Motivasi Kerja Kepada Guru di MIS Rabbani Islamic School Sawahlunto. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9122–9130. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9820
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dahliawati , Sufyarma Marsidin, Sulastri Sulastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).