Transformasi Digital Serta Integrasi Sistem Informasi Manajemen Perkembangan Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Daarussalaam Bantul

Authors

  • Rasyidah Hamid Universitas Ahmad Dahlan
  • Dian Hidayati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6669

Abstract

Era disrupsi menawarkan inovasi, dinamisasi yang berpusat pada student-sentries. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  transformasi  manajemen  fasilitas  pendidikan  pada  era  disrupsi teknologi,  dimana  tempat  penelitian  ini  dilakukan  di Taman Pendidikan Al-Qur’an Daarussalaam BantulBantul. Metodologi dalam penelitian ini  menggunakan  pendekatan kualitatif dan penyajian datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi method yaitu dengan memanfaatkan berbagai metode sebagai pertimbangan. Analisis data pada penelitian ini dengan cara deskriptif (non statistik). Prosedur dalam analisis data, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan  bahwa transformasi  manajemen  fasilitas  pendidikan  pada  era disrupsi  teknologi  yang  telah  dilakukan Taman Pendidikan Al-Qur’an Daarussalaam BantulBantul terus  dilakukan  mulai  dari layanan pendidikan yang diarahkan berbasis teknologi baik fisik maupun non fisik dalam menunjang informasi kegiatan belajar mengajar. Pelaksanaan informasi hasil belajar siswa semua berbasis teknologi sebagai tuntutan adanya perkembangan teknologi yang terjadi semakin cepat demi mewujudkan peningkatan sistem informasi perkembangan santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Daarussalaam BantulBantul pada era disrupsi.

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Hamid, R. ., & Hidayati, D. . (2022). Transformasi Digital Serta Integrasi Sistem Informasi Manajemen Perkembangan Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Daarussalaam Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 702–707. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6669