Digital Library : Upaya Mewujudkan Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi

Authors

  • Deasy Lisa Damayanti Universitas Ahmad Dahlan
  • Dian Hidayati Universitas Ahmad Dahlan
  • Okki Mandasari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11719

Abstract

Penerapan ICT (Information and Communication Technology) saat ini sudah meluas hampir di semua bidang  salah satunya pengembangan sistem informasi manajemen di perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah wajib mengembangkan teknologi informasi untuk mencapai tujuan pembelajarannya dengan mengembangkan perpustakaan digital yang berbasis teknologi di sekolah-sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya dalam mewujudkan perpustakaan sekolah berbasis teknologi melalui perpustakaan digital (digital library). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dimana pencarian informasi sumber dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan pengelola perpustakaan di SMA Negeri 1 Berau, dapat disimpulkan bahwa untuk mewujudkan perpustakaan digital (digital library) diawali pada proses pengelolaan perpustakaan itu sendiri. Pengelolaan perpustakaan menjadi digital bermula dari perencanaan perpustakaan digital, pendanaan dalam penganggaran perpustakaan digital, pengelolaan koleksi digital, pengelolaan sumber daya manusia, pemantauan dan evaluasi kinerja, hingga analisis hambatan dalam pengelolaan perpustakaan digital serta upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Damayanti, D. L. . ., Hidayati, D. ., & Mandasari, O. . (2023). Digital Library : Upaya Mewujudkan Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4487–4496. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11719