Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Kelompok B di RA Fatimah Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10202Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Kelompok B di RA Fatimah Palembang” yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal bilangan bahasa arab serta untuk dapat mengetahui apakah media kartu angka bergambar berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bilangan Bahasa Arab pada anak usia dini kelompok B di RA Fatimah Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan mengenal bilangan Bahasa Arab pada anak usia dini. Jenis Penelitian adalah Pre-Exsperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest (Satu Kelompok Subjek). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah anak kelas kelompok B yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir) hal ini digunakan untuk mengumpulkan data pada saat treatment (perlakuan). Tes berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberikan hasil perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, hasil analisis data dalam pembuktian hipotesis menggunakan dengan uji hipotesis menggunakan Sofware SPSS for windows diperoleh nilai signifikan 2-tailed = 0,000 karena nilai signifikan (probabilitas) lebih kecil dari 0,05, dalam hal ini t-hitung dan t-tabel artinya H0 dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan mengenal bilangan Bahasa Arab pada anak usia dini kelompok B di RA Fatimah Palembang.Downloads
Published
2022-12-14
How to Cite
Fitria, Q. ., Mardeli, M., & Muhtarom, M. (2022). Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Kelompok B di RA Fatimah Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11103–11113. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10202
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Qodar Fitria, Mardeli, Muhtarom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).