Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di Raudhatul Athfal Melati Ogan Komering Ulu

Authors

  • Tianfa Sipayona Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ali Murtopo Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10201

Abstract

Penelitian ini berjudul “Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di RA Melati Ogan Komering Ulu”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya  kinerja guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional  Anak Usia Dini melalui pembelajaran  kelompok yang disebut dengan pembelajaran kooperatif. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana aspek sosial emosional Anak Usia dini di RA Melati Ogan Komering Ulu, bagaiamana pembelajaran kooperatif di RA Melati Ogan Komering Ulu dan bagaimana aktivitas guru dalam mengemabangkan aspek sosial emosional Anak Usia Dini melalui pembelajaran kooperatif di RA Melati Ogan Komering Ulu. Sedangkan tujuan peneliitiann ini untuk mengetahui aspek sosial emosional anak Anak Usia Dini, selain itu untuk mengetahui pembelajaran kooperatif dan mengetahui aktivitas guru dalam mengembangkan aspek sosial emosional Anak Usia Dini melalui pembelajaran kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Informan pokok dalam penelitian ini adalah guru kelas dan informan pendukung adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara destriftif dengan menggunakan teknik anlisis interaktif yang meliputi reduksi data penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan aspek sosial emosional aud sudah berkembang sesuai harapan yaitu : 1)  pemahaman diri, 2) sikap tanggung jawab 3) sikap prososial dan 4) sikap empati. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa aspek sosial emosional pada Anak Usia dini melalui pembelajaran kooperatif di RA Melati Ogan Komering ulu sudah berjalan dengan baik. Adapun pembelajaran kooperatif yaitu : 1) penyampaian tujuan 2) penyajian informasi 3) pengorganisasian kepada anak dalam kelompok belajar 4) bimbingan kepada anak dan 5) pengevaluasian juga sudah berkembang sesuai harapan . Dan aktivitas guru dalam mengembangkan aspek sosial emosioanal melaui pembelajaran kooperatif dilakukan dengan model pembelajaran secara berkelompok yang dibagi secara berkelompok yang dibagi dalam kelompok kecil dan dari kelompok ini bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh pendidik.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Sipayona, T. ., Marlina, L. ., & Murtopo, A. . (2022). Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di Raudhatul Athfal Melati Ogan Komering Ulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11091–11102. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10201