Analisis Penggunaan Level Kognitif Dalam Penyusunan Soal Pada Calon Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Umar Umar Universitas Mataram
  • Arif Widodo Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10155

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh calon guru sekolah dasar adalah kemampuan dalam membuat istrumen evaluasi hasil belajar. Semakin baik kualitas instrumen yang disusun maka semakin baik pula kualitas pembelajaran yang dilaksanakan, maka dari itu calon guru harus dilatih untuk membuat soal yang baik. Instrumen yang sering digunakan dalam evaluasi hasil belajar adalah soal tes. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan calon guru SD dalam menyusun soal ditinjau dari penggunaan level koginitif. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan unjuk kemampuan dalam menyusun soal tes. Masing-masing calon guru diberi kesempatan untuk membuat 5 soal. Subjek dalam penelitian ini adalah calon guru SD dengan jumlah 74 mahasiswa. Pengambilan sampel melalui purposive sampling. Indikator kemampuan menyusun soal didasarkan pada penggunaan level kognitif dalam menyusun soal. Semakin banyak soal yang menggunakan level kognitif tingkat tinggi maka semakin baik pula kualitas soal yang disusun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan calon guru SD dalam menyusun soal ditinjau dari penggunaan level kognitif masih kurang. Sebagian besar soal yang disusun calon guru termasuk dalam kategori soal dengan level kognitif yang rendah. Soal dengan kategori level koginitif rendah mencapai 81% dari 370 soal yang disusun, sedangkan soal dengan kategori level kognitif tinggi hanya 19%.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Umar, U., & Widodo, A. (2022). Analisis Penggunaan Level Kognitif Dalam Penyusunan Soal Pada Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10943–10947. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10155