Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi

Authors

  • Siti Nur’ariyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Jumyati Jumyati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10130

Abstract

Pentingnya teknologi pada pendidikan adalah suatu kajian serta penerapan eteknologia untuk memfasilitasi pembelajaran serta meningkatkan performa melalui membuat, menggunakan serta mengelola kelayakan sumber penelitian dan  teknologi pada prosesnya. Di Indonesia realisiasi pemanfaatan teknologi baru memasuki tahap mempelajari untuk berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan teknologi. Secara khusus penggunaan teknologi pada bidang pendidikan saat ini masih belum dikuasai oleh sebagian orang, terlebih bagi para pendidik dan tenaga kependidikan dalam penerapan tugas pokok dan fungsinya. Pengembangan kurikulum berbasis teknologi merupakan langkah dalam penyusunan metode, dan media pembelajaran yang digunakan oleh lembaga pendidikan agar mencapai tujuan melalui tahapan pembelajaran yang telah disusun dalam perencanaan kurikulum yang akan dicapai. Pada proses pengembangan kurikulum hendaknya berorientasi pada kemampuan peserta didik agar mengenal dan mencitrakan produk-produk teknologi yang telah lama digunakan oleh bangsa Indonesia sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan kurikulum terintegrasi teknologi akan mengembangkan pemikiran kritis peserta didik. Penggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran memberikan strategi pembelajaran dan pengelolaan kelas yang efektif bagi guru di satuan pendidikan.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Nur’ariyani, S. ., Jumyati, J., & Nulhakim, . L. . (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10770–10775. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10130