Analisis Organisasi Kurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar

Authors

  • Amin Hasan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Avinindy Inayda Devianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9840

Abstract

Analisis organisasi kurikulum berkaitan erat dengan standar isi kurikulum pendidikan yang mana berisikan materi-materi pelajaran yang nantinya akan diajarkan pada siswa di sekolah. Organisasi kurikulum terdiri dari mata pelajaran tertentu yang bertujuan menyampaikan kebudayaan/sejumlah pengetahuan, sikap dan keterampilan yang harus diajarkan kepada siswa. Setiap organisasi kurikulum memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing baik yang bersifat teoritis maupun praktis Ada berbagai jenis pengorganisasian kurikulum, yang isinya mengupas bagaimana bentuk bidang studi harus disajikan didepan kelas yang konsekuensinya akan diikuti oleh tindakan bagaimana cara memilih bahan ajar dan cara menyajikan, mengevaluasinya. Secara garis besar, ada tiga organisasi kurikulum, yaitu: Separated Subject Curriculum, Correlated Curriculum, dan Integrated Curriculum.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Hasan, A. ., Devianti, A. I. ., & Nulhakim, . L. . (2022). Analisis Organisasi Kurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9242–9247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9840