PRAKTEK PENYUSUNAN MENU MAKANAN HALAL DAN TOYYIB PADA KELOMPOK IBU BALITA

Authors

  • Arman Arman Universitas Muslim Indonesia
  • Sumiaty Sumiaty Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9884

Keywords:

Menu, Makanan, Halal, Toyyib

Abstract

Makanan pendamping ASI yang mempunyai kualitas dan kuantitas yang baik merupakan komponen penting dalam makanan, agar dapat memenuhi unsur tersebut perlu diperhatikan adalah usia, jenis, frekuensi, porsi dan cara pemberian MP-ASI pada tahap awal. Tujuan dari PkM ini adalah: 1)Meningkatkan Pengetahuan masyarakat khususnya Ibu Balita tentang Pemberian makanan tambahan yang tepat dari segi usia, frekuensi dan jumlahnya. 2)Meningkatkan keterampilan Ibu Balita tentang penyusunan Menu Makanan Halal dan Toyyib menggunakan buku foto makanan. Solusi yang kami tawarkan adalah 1)Peningkatan pengetahuan tentang pemberian makanan tambahan yang tepat dari segi usia, frekuensi dan jumlahnya melalui metode ceramah. 2)Peningkatan keterampilan melalui menyusun menu makanan Halal dan Toyyib menggunakan buku foto makanan. Metode yang digunakan yaitu kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan dua sesi yaitu sesi pertama pemberian materi dengan metode ceramah dan tanya jawab tentang MP-ASI oleh tim pelaksana yang sebelumnya dilakukan pengisian pre test. Sesi kedua yaitu pelaksanaan pelatihan menyusun menu makanan Halal dan Toyyib dan disesuaikan dengan anjuran MP-ASI 4 bintang dengan menggunakan buku foto makanan yang dilakukan bersama partisipan dan setelah itu pengisian post test. Dari hasil pengisian pre test dan post test didapatkan peningkatan pengetahuan tentang MP-ASI dan menu makanan yang halal dan toyyib sebesar 10,46 %. Sebaiknya setiap bulan kader melakukan pengecekan terhadap makanan balita melalui menu yang disajikan oleh ibunya agar dapat dianalisis kecukupan baik dari segi usia, frekuensi dan jumlahnya.

References

D, Dewi, 2011 Status Gizi pada Balita Usia 6-12 Bulan di Desa Kaliori Kecamatan Kalibor Kabupaten Banyumas.

E-ppgbm. 2020. Entry Pencatatan Dan Pelaporan Berbasis Masyarakat.

Ratna Puspitasari, SST. Hubungan Antara Peran Ibu dalam Pemberian Makanan Pendamping ASI dengan Status Gizi Balita 6-24 Bulan di Puskesmas Cermee Kabupaten Bondowoso Tahun 2011 . Jurnal Dharma Praja, 2015, Vol. 01. 1.

RI, Depkes. Pedoman Umum Pemberian Makanan pendamping ASI Lokal. s.l. : Bakti Husada, 2006.

Indonesia, DepKes Republik. Manajemen Laktasi . 2005.

Risky Eka Sakti, dkk. 2013.Hubungan Pola Pemberian Mp-Asi Dengan Status Gizi Anak Usia 6-23 Bulan Di Wilayah Pesisir Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Downloads

Published

2022-11-30 — Updated on 2022-12-08

Versions

How to Cite

Arman, A., & Sumiaty, S. (2022). PRAKTEK PENYUSUNAN MENU MAKANAN HALAL DAN TOYYIB PADA KELOMPOK IBU BALITA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2038–2042. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9884 (Original work published November 30, 2022)