PENYULUHAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA ANAK PANTI ASUHAN YAYASAN TALENTA DELPITA

Authors

  • A. Mahendra Universitas Katolik Santo Thomas
  • Witya Shalini STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Tohap Parulian Universitas Medan Area
  • Galeh Sari STIE Professional Manajemen College Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9344

Keywords:

Alat Peraga Sempoa, Efektif

Abstract

Program penyuluhan penggunaan Alat Peraga Sempoa sebagai alat bantu pembelajaran matematika bagi anak di Panti Asuhan Yayasan Talenta Delpita dilaksanakan sebagai bentuk wujud tri dharma perguruan tinggi. Pengabdian dilaksanakan Di Panti Asuhan Yayasan Talenta Delpita pada tanggal 10 November 2022. Pengguna sempoa sebagai media untuk mempermudah siswa dalam memahami operasi hitung, fokusnya yaitu kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.. Tujuan kegiatan penyuluhan yaitu meningkatkan hasil belajar anak-anak khususnya pelajaran matematika di panti asuhan secara efektif dengan penggunaan media sempoa.  Pelatihan ini menggunakan metode workshop Metode workshop dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan yang dimulai dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman terlebih dahulu mengenai bagaimana cara menggunakan alat bantu sempoa sehingga peserta dapat memahami mengenai penggunaan alat bantu sempoa. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah peserta antusias dan sangat proaktif dalam berhitung secara cepat, tepat dan akurat.

References

Alimudin, E., Yuliati, T., & Nugraha, N.B. (2019). Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Ms. Office Power Point Bagi Guru SMA IT Plus Bazma Briliant Dumai. Madani : Indonesia Journal Of Civil Society, 1 (1), 11-16

Anugrahana, A. (2019). Pengembangan Modul Sempoa Sebagai Alternatif. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika 03 (02), 462-470.

Ayi & Safrina. 2015. Peningkatan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun melalui Media Sempoa di TK Al-Ikhlas Lamhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Volume 2.

Dewi, Novi Rustiana; Eliyati,Ning; Zayanti, Des Alwine; Kresnawati,Endang Sri; Resti, Yulia. 2022. Pelatihan Sempoa Sebagai Metode Belajar Aritmatika Bagi Guru SD dan Madrasah Ibtidaiyah Di Inderalaya. Jurnal Pelita Sriwijaya Vol.1 No.1

Nurkhayati, Endang. 2022. Efektivitas Penggunaan Media Sempoa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Di Min 3 Banyumas. UIN Profesor KIAI Haji Saifuddin Zuhri, Purwokerto.

Prihatiningtyas,S., Wardani, D.K., Wulandari, A., Mahfudhoh, S.L., & Yaqin, A. (2020). Pemberdayaan Santri TPQ Darussalam dalam Upaya Peningkatan Ketrampilan Menghafal Asmaul Husna menggunakan Metode Brain Based Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1), 25-29

Rahmi, H., Saputra, J., & Desriati, W.(2020). Peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas II dengan menggunakan sempoa aritmatika. Madani : Indonesia Journal of Civil Society, 2 (2). 50-56.

Sari, Febrina; Suhaidi, Mustazihim; Febrina,Wetri; Desyanti. 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi Informasi. Abdine : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.01 No.01 Hal 14-19

Downloads

Published

2022-11-26 — Updated on 2022-11-26

Versions

How to Cite

Mahendra, A. ., Shalini, W. ., Parulian, T. ., & Sari, G. . (2022). PENYULUHAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA ANAK PANTI ASUHAN YAYASAN TALENTA DELPITA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1916–1920. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9344