MENDIDIK ANAK DALAM ISLAM DENGAN MEREALISASIKAN HAK ANAK DI PAUD/TK KENARI PINTU KABUN BUKIT TINGGI

Authors

  • Ashabul Fadhli Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Devi Syukri Azhari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Jendri Mulyadi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9340

Keywords:

Pendidikan, Perspektif, Orang Tua, Anak.

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan suatu pendidikan yang penting dilaksanakan untuk membantu tumbuh dan kembang anak. Dimana anak akan dikembangkan aspek perkembangan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Banyak orang tua yang sudah beranggapan bahwa pendidikan anak usia dini penting dilaksanakan untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak namun masih ada beberapa orang tua yang beranggapan bahwa pendidikan anak usia dini tidak penting untuk anak. Perspektif ini lahir dari beberapa faktor yang terdapat pada orangtua yang menjadi latar belakang terhadap perspektif orang tua terhadap pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perspektif orang tua terhadap pendidikan anak usia dini, dan memberikan pengetahuan kepada orangtua bahwa pendidikan anak usia dini penting untuk dilaksanakan agar pertumbuhan dan perkembangan pada diri anak berkembang dengan baik dan anak mendapatkan stimulasi yang cukup sehingga perkembangan pada diri anak akan berkembang sesuai dengan tahapan perkembangan. Hasil yang didapatkan selama penelitian berlangsung adalah orang tua sudah menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini dan sudah memasukkan anak ke lembaga PAUD.

References

Arliman, Laurensius. (2016). Partispasi Pemerintah Daerah Di Dalam Perlindungan Anak Yang Berkelanjutan Di Indonesia, Jurnal Ilmu Hukum, 7(2)

Erzad, Azizah Maulina. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga, Jurnal Thufula, 5(1)

HR. Abdussalam & Adri Desasfuryanto. (2014).Hukum Perlindungan Anak, PTIK, Jakarta, 2014

Ipah, Hanipah., dkk. (2018). Anak Sebagai Qurratu A’yun dalam Perspektif Alquran, Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir, 3(2)

Jailani, M Syahran. (2014). Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Nadwa, 8(2)

Jalaluddin. (2016). Psikologi Agama, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada Kharomen, Agus Imam. (2019). Kedudukan Anak Dan Relasinya Dengan Orang

Tua Perspektif Alquran (Perspektif Tafsir Tematik), Jurnal Andragogi, 7(2)

Kresnawati, K., & Imelda, J. D. (2020). Perlindungan sosial bagi anak usia dini pada keluarga yang rentan sosial ekonomi. Sosio Informa, 6(3)

Mustaqim, Abdul. (2006). Kedudukan dan Hak-hak Anak dalam Perspektif Al Quran (Sebuah kajian dengan Metode Tafsir tematik).Jurnal Musawa, 4(2)

Priatmoko, Sigit. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0, Jurnal Ta’lim, 1(2)

Shihab, M. Quraish. (2013). Al Qur’an & Maknanya, Tangerang Selatan: Lentera Hati

Suyanto,Bagong, Masalah Sosial Anak, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010

Downloads

Published

2022-11-26 — Updated on 2022-11-26

Versions

How to Cite

Fadhli, A. ., Azhari, D. S. ., & Mulyadi, J. . (2022). MENDIDIK ANAK DALAM ISLAM DENGAN MEREALISASIKAN HAK ANAK DI PAUD/TK KENARI PINTU KABUN BUKIT TINGGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1900–1904. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9340