PELATIHAN PENGEMBANGAN KELAS DIGITAL BERBASIS MICROSOFT 365 DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH DKI JAKARTA

Authors

  • Gufron Amirullah Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
  • Maesaroh Maesaroh Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.932

Keywords:

Pembelajaran Daring, Guru Biologi, Microsoft 365, sekolah Muhammadiyah

Abstract

Peristiwa pandemi global berdampak pada proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran harus dilakukan secara daring memanfaatkan teknologi guna mencegah interaksi fisik pada satu tempat yang sama. Proses pembelajaran secara daring diprediksikan akan tetap dilaksanakan di masa mendatang dan pada masa new normal saat ini. Proses pembelajaran selalu memiliki tiga tujuan yang akan dicapai yaitu perubahan peserta didik pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring seharusnya tetap dapat mencapai tujuan pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau Information and Communication of Technology (ICT) tidak dipungkiri telah memasuki berbagai lini kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pada proses kegiatan belajar mengajar di kelas, salah satu produk dalam bidang ICT yaitu Microsoft 365 berupa one note, sway, dan teams, forms dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara daring. Microsoft office 365 memudahkan pendidik untuk berbagi dan berkolaborasi dalam hal dokumen pembelajaran yang dapat mendukung proses maupun evaluasi pembelajaran daring yang memanfaatkan koneksi internet. Pengembangan kelas digital berbasis Microsoft 365 telah dilatihkan kepada sebanyak 19 orang guru di sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta dengan hasil evaluasi berupa 89,4% peserta menyatakan pelatihan sesuai dengan kebutuhan guru. Melalui pelatihan pembelajaran digital berbasis Microsoft 365 diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran secara daring.

Author Biographies

Gufron Amirullah, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah

Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah

Maesaroh Maesaroh, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah

Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah

References

Abidin, Z., Rumansyah, Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 5 (1). 64-70.

Alvia, N., Nurhayati, B., Rachmawaty. (2018). Pengaruh Penerapan Media Mind Mapping Terintegrasi Dengan Aplikasi Microsoft Onenote Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pelajaran Sistem Pencernaan Di Kelas XI SMAN 12 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Hal. 365-370.

Aribowo, E., K., & Setianingtyas, A., F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft® office 365 bagi Pendidik di Kabupaten Klaten untuk Mewujudkan 21st Century Learning: Sebuah Langkah Awal. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat “Hilirisasi Hasil Penelitian melalui Program Pengabdian Berkelanjutanâ€. 1-8.

Effendi, M. R. (2016). Penerapan Teknologi Cloud Computing di Universitas (Studi kasus: fakultas teknologi informasi Universitas Bayangkara Jakarta). Jurnal Teknologi Informasi Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Universitas Bunda Mulia. 12 (1). 7-14

Handayani, S., Hadi, S. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Office 365 Bagi Guru-Guru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia). 1 (2). 49-58.

Harefa, N., Silalahi, N.F.D., Sormin, E., Purba, L.S.L., Sumiyati. (2019). The difference of students’ learning outcomes with project based learning using handout and sway Microsoft 365. Jurnal Pendidikan Kimia 11(2). 24-30.

Lestari, P. A.S., Gunawan. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education. 1(2). 58 - 63.

Pradja, B. P., & Baist, A. (2019). Analisis Kualitatif Penggunaan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Kolaboratif Daring. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th Senatik), 415–420.

Suprianto. (2018). Perancangan E-Learning Menggunakan Office 365 dalam Proses Belajar Mengajar. Seminar Nasional Royal (SENAR). 381-386.

Usodo, B., Sutopo, Ekana, C., H., Kurniawati, I., Kuswardi, Y. (2016). Pelatihan Penerapan Beberapa Aplikasi dari Microsoft: office mix, onenote, sway dalam Pembelajaran bagi Guru-guru Matematika SMA di Kabupaten Sragen. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4 (9). 743-752.

Wahyuningsih, P., & Waluya, S. B. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran CMP Berbantuan Onenote Class Notebook. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 6(1), 18–29.

Wijaya, Tony. (2019). Pembuatan Modul Pembelajaran dengan PowerPoint Animasi 3D. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. 164-168.

Downloads

Published

2020-09-21

How to Cite

Amirullah, G., & Maesaroh, M. (2020). PELATIHAN PENGEMBANGAN KELAS DIGITAL BERBASIS MICROSOFT 365 DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH DKI JAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 223–227. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.932