PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA TATARIAS UNTUK SISWI DISABILITAS DAN GURU SMPLB NEGERI MEULABOH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.913Keywords:
Kecakapan Wirausaha Siswi dan Guru, DisabilitasAbstract
Sasaran dalam kegiatan pendidikan kecakapan wirausaha diutamakan adalah siswi-siswi disabilitas, dan disamping itu juga terhadap guru yang memiliki potensi untuk memulai usaha baru dan mengembangkanya di masa depan sehingga mempunyai multiplayer effect yang besar dalam penciptaan lapangan kerja baru. Melalui kegiatan ini diharapkan kepada lulusan peserta didik SMP Luar Biasa Negeri Meulaboh memiliki jiwa dan semangat wirausaha. SMPLB Negeri Meulaboh memiliki beberapa kecakapan seperti keterampilan kerajinan tangan, seni musik, keterampilan menjahit dan tatarias. Kegiatan ini diperlukan untuk mendampingi para siswi disabilitas dan guru untuk mengembangkan potensi yang dimiliki karena hal ini sangat bermanfaat disebabkan siswi-siswi disabilitas ini sering mengikuti kompetisi/perlombaan rutin setiap tahunnya antar Sekolah Luar Biasa baik di tingkat kabupaten maupun nasional. Kegiatan ini juga akan melatih potensi diri siswi-siswi yang akan mempengaruhi sikap dan kemandirian mereka yang pada akhirnya mampu berkarya dan menciptakan peluang wirausaha. Kegiatan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang merupakan penelitian yang tidak menguji hipotesis melainkan untuk mendiskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variabel-variabel yang diteliti, metode yang digunakan yaitu tutorial dan praktek langsung. Setelah dilakukan pelatihan ini siswi-siswi disabilitas dan guru SMPLB Negeri Meulaboh memiliki semangat dan potensi yang baik untuk dapat dijadikan sebagai peluang usaha.References
Geniofam, 2010. Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta, Gerai Ilmu
Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan, Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Karomah, Umi Yaumidin. (2013. Kewirausahaan Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan: Tantangan Sinergi Multi-Sektor Dan Multi-Dimensi. Jurnal Ekonomi Dan
Pembangunan Vol 21, No. 1, Juli 2013. Hal 103-123.
Muhyi, Herwan Abdul. 2007. Menumbuhkan Jiwa Dan Kompetensi. Bandung: Universitas
Padjadjaran
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Yuyus. Et Al. 2010. Kewirausahaan, Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Anorga, Panji dan Sudantoko, Joko. 2002. Koperasi: Kewirausahaan Dan Pengusaha Kecil, Jakarta : Rineka Cipta.
Maulidaad. (2017, Maret). Metode Pembelajaran untuk ABK. Diunduh dari:https://www.kompasiana.com/maulidaad/ tanggal 10 Maret 2020.