This is an outdated version published on 2022-11-11. Read the most recent version.

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS DAN DI MASYARAKAT (LOKASI PKM PARAPAT)

Authors

  • Imman Yusuf Sitinjak Universitas Simalungun
  • Sariaman Gultom Universitas Simalungun
  • Christian Daniel Hermes Universitas Simalungun
  • Mariah SM Purba Universitas Simalungun
  • Jumpa Ukur Universitas Simalungun
  • Rony Andre CH Naldo Universitas Simalungun
  • Humala Sitinjak Universitas Simalungun
  • Rosita Nainggolan Universitas Simalungun
  • Novelina Hutapea Universitas Simalungun
  • Jenriswandi Damanik Universitas Simalungun
  • Lenny Mutiara Ambarita Universitas Simalungun
  • Wahyunita Sitinjak Universitas Simalungun
  • Mahasiswa Universitas Simalungun Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8682

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pengembangan Karakter, Pengabdian di Masyarakat

Abstract

Dilaksanakan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keilmuan yang dapat digunakan dan diterapkan didalam bermasyarakat, mengevaluasi masalah-masalah yang terjadi didalam masyarakat mengenai terutama dikalangan mahasiswa di Pematangsiantar serta mengupayakan memberikan solusi terhadap masalah yang berbenturan dengan pemahaman pendidikan karakter baik dalam implementasi di lingkungan perguruan tinggi maupun bermasyarakat. Dengan adanya pengabdian masyarakat ini dapat memberikan solusi dan pendalaman ilmu tentang pendidikan karakter di lingkungan perguruan tinggi dan di masyarakat pemahamannya didalam Pendidikan perguruan tinggi. Pendalaman materi tidak hanya tentang pendidikan karakter, juga beberapa materi tambahan keilmuan yang ada dipelajari di perguruan tinggi yang dapat diterapkan dimasyarakat juga.  Selain itu pelaksanaan pengabdian ini juga melatih mahasiswa untuk bersosialisasi dengan masyarakat dan melakukan kegiatan kebersihan di lokasi wisata. Pelaksanaan pengabdian ini yang dilakukan memiliki penyelesaian dan berguna bagi mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi dan di masyarakat.

References

Gaffar, Mohammad Fakry. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Islam (Disampaikan pada Workshop Pendidikan Karakter Berbasis Agama, 8-10 April 2010 di Yogyakarta).

Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter-Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Marhalim, “Kontribusi Nilai Ekonomis Lahan Pekarangan Terhadap Ekonomi Rumah Tangga Petani di Desa Rambah Samo, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu”. Artikel Ilmiah, Universitas Pasir Pengaraian Rokan Hulu, 2015

Megawangi, Ratna., 2004, Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Sismihardjo, 2008, “Kajian Agronomis Tanaman Buah dan Sayuran pada Stuktur Agroforestri Pekarangan di Wilayah Bogor, Puncak dan Cianjur (Studi Kasus di DAS Ciliwung dan DAS Cianjur)”, Tesis, Program Studi Agronomi, Sekolah Pascasarjana, Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Sukardjo, Ukim Komarudin., 2009, Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya, Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2022-11-11

Versions

How to Cite

Sitinjak , I. Y. ., Gultom, S. ., Hermes , C. D. ., Purba, M. S. ., Ukur, J. ., Naldo, R. A. C. ., Sitinjak, H. ., Nainggolan, R. ., Hutapea, N. ., Damanik, J. ., Ambarita, L. M. ., Sitinjak, W. ., & Simalungun, M. U. . (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS DAN DI MASYARAKAT (LOKASI PKM PARAPAT). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1804–1808. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8682