This is an outdated version published on 2022-11-09. Read the most recent version.

PELAYANAN ASUHAN POSTPARTUM DI KOMUNITAS

Authors

  • Faulia Mauluddina STIKES Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8586

Keywords:

Pelayanan, Asuhan, Postpartum dan Komunitas

Abstract

Masa nifas (puerperium) adalah dimulai setelah plasenta lahir dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan semula atau sebelum hamil yang berlangsung selama kira-kira 6 minggu. Tujuan dari Pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan derajat pengetahuan masyarakat tertutama ibu postpartum tentang asuhan postpartum di komunitas dan mensosialisasikan keberadaan STIKES Mitra Adiguna Palembang Prodi DIII Kebidanan di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan untuk dapat mencapai target dari kegiatan ini adalah dengan cara pendekatan dan penyuluhan serta pemberian konseling bagi ibu postpartum. Dengan demikian masyarakat yang dalam hal ini adalah ibu postpartum akan mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan yang menunjang peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan masyarakat tentunya. Luaran akhir dari kegiatan ini adalah setiap ibu postpartum mampu memahami dan mengaplikasikan asuhan postpartum di komunitas sehingga dapat memberikan pemantauan terhadap ibu karena pelaksanaan yang kurang maksimal dapat menyebabkan ibu mengalami berbagai masalah, bahkan dapat berlanjut pada komplikasi masa nifas seperti sepsis puerperalis.

References

Dianty, M,. Putri, R.D., dkk. 2017. Asuhan Kebidanan Komunitas. Yogyakarta : Penerbit ANDI2.

Niken Meilani, S.Si.T. Nanik setiyani, SST. Dkk 2009. Kebidanan Komunitas. Yogyakarta: penerbit Fitramaya.

Pujiati Dewi, SST, M, Keb, Karawati, SST , dkk 2011 Asuhan Kebidanan V (Kebidanan Komunitas), Jakarta : Trans Info Media.

Rita Yulifah, Tri Johan Agus Yuswanto, 2009. Asuhan Kebidanan Komunitas. Jakarta : Salemba Medika.

Wiknjosastro Hanifa, 2012. Ilmu Kebidanan. Ed.6. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Downloads

Published

2022-11-09

Versions

How to Cite

Mauluddina , F. . (2022). PELAYANAN ASUHAN POSTPARTUM DI KOMUNITAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1744–1746. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8586