This is an outdated version published on 2022-11-09. Read the most recent version.

PELATIHAN WEBSITE E-BUSINESS UNTUK UMKM USAHA KULINER PADA AYAM GEPREK SEKAWAN TEMBILAHAN

Authors

  • Dwi Yuli Prasetyo Universitas Islam Indragiri
  • Fitri Yunita Universitas Islam Indragiri
  • Asniati Bindas [email protected]
  • Samsudin Samsudin Universitas Islam Indragiri
  • Muhammad Muhammad AMIK Mahaputra Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8583

Keywords:

Website, E-Business, Marketing, Umkm, Tembilahan

Abstract

Pelatihan E-Business bisnis kuliner untuk UMKM dalam hal sistem informasi pelayanan dilatarbelakangi oleh kemajuan di bidang teknologi, mendukung perkembangan teknologi internet sehingga mendukung perkembangan bisnis. Penjual tidak perlu mengalami kesulitan dalam penjualan karena dapat dilakukan secara offline maupun online. Penjualan secara online diharapkan dapat meningkatkan pendapatan usaha. Layanan ini untuk mengetahui seberapa besar pendapatan yang diperoleh Ayam Geprek Sekawan setelah menggunakan sistem penjualan E-Business dan untuk mengetahui gambaran pengaruh E-Business terhadap peningkatan pendapatan usaha Ayam Geprek Sekawan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelatihan UMKM, Wawancara, dan Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah total pendapatan dari memulai usaha sampai sekarang dan 61 konsumen dan sampel adalah pendapatan 9 bulan sebelumnya. Menggunakan E-Business dan 9 bulan setelah menggunakan E-Business dan 61 konsumen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara E-Business dengan Pendapatan Usaha Ayam Geprek Sekawan. Untuk meningkatkan kemampuan menggunakan Website E-Business diharapkan peserta dapat menggunakan komputer dan memahami cara mengatasi kesalahan sistem.

References

Ajib Susanto, Christy Atika Sari, De Rosal Ignatius Moses, Eko Hari Rachmawanto, I. U. W. M. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku, 3(1), 42–51. http://abdimasku.lppm.dinus.ac.id/index.php/jurnalabdimasku/article/download/64/45

Muhammad Susilo, Rezki Kurniati, K. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(2), 98–105. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Setia, L. D., & Kumalawati, L. (2018). Pendampingan Implementasi Aplikasi E- Commerce Sate Ayam Online Khas Ponorogo. Dikemas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 13–19. http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/article/download/280/144

Siti Aisyah, Rizky Amelia, Ika Sabrina, T. S. (2021). Perancangan Aplikasi E-Commerce Pada Toko Lili Dengan Penerapan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA), 5(1), 33–36. https://doi.org/10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v5i1.1917

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Equilibiria, 1(1), 95–108. http://journal.unrika.ac.id/index.php/equi/article/view/222

Downloads

Published

2022-11-09

Versions

How to Cite

Prasetyo, D. Y. ., Yunita, F. ., Bindas, A. ., Samsudin, S., & Muhammad, M. (2022). PELATIHAN WEBSITE E-BUSINESS UNTUK UMKM USAHA KULINER PADA AYAM GEPREK SEKAWAN TEMBILAHAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1726–1734. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8583