CREATIVITY TEACHING AND CLASS MANAGEMENT SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA KABUPATEN TOBA

Authors

  • Mardin Silalahi Universitas Simalungun
  • Anita Purba Universitas Simalungun
  • Benarita Benarita Universitas Simalungun
  • Marhaeni K.D. Matondang Universitas Simalungun
  • Rohdearni Wati Sipayung Universitas Simalungun
  • Tiodora Fermiska Sialalahi Universitas Simalungun
  • Natanael Saragih Universitas Simalungun
  • Semaria Eva Elita Girsang Universitas Simalungun
  • Indra Jayanti Damanik Universitas Simalungun
  • Bismar Sibuea Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8582

Keywords:

Guru, Kreativitas, Mengelola Kelas.

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar di SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Kab. Toba, dan juga untuk mengetahui gejala kejenuhan belajar yang dihadapi oleh siswa. Jenis pengabdian masyarakat ini merupakan pengabdian lapangan dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Subyek pengabdian masyarakat ini adalah 4 guru dan juga 36 siswa yang diambil secara acak (random). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Kab. Toba, yaitu: 1) pengecekan situasi dan kondisi siswa guna untuk memahami dan memastikan bahwa para siswa nyaman dan senang dalam mengikuti pembelajaran, 2) guru juga memanfaatkan media pembelajaran dengan baik dalam pembelajaran, 3) guru menata lingkungan belajar dengan baik, 4) mengembangkan strategi pengajaran, 5) dan strategi pemberian motivasi. Pengabdian ini dapat memberikan sumbangsi kepada guru-guru untuk meninjau ulang kembali terhadap keadaan dan kondisi yang dialami siswa saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung dalam menangani kelas.

References

Aini, Nur. Kreativitas Guru PAI Dalam Menghindari Kejenuhan Belajar Siswa Di MTs Bustanul Ulum Desa Kertagena Daya Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Skripsi, STAIN Pamekasan, 2014.

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Arirahmanto, Sutam Bayu. “The Development Of Burnout Reduction Application Based On Android For SMPN 3 Babat Students”. Jurnal: BK UNESA 6.2 (2016): 1-5.

Boylan, James, et al. “Boredom In The COVID-19 Pandemic: Trait Boredom Proneness, The Desire To Act, And Rule-Breaking”. Personality And Individual Differences 171. 110387 (2020).

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Format Format Kuantitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Public, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Kencana, 2013.

Chan, Simon C.H dan Stephen Ko. “The Dark Side Of Personal Response Systems (PRSs): Boredom, Feedback, Perceived Learning, Learning Satisfaction”. Journal of Education for Business 96.7 (2021): 435-444.

Coskun, Abdullah dan Yucel Yuksel. “Examining English as a Foreign Language Students' Boredom in terms of Different Variables”. Acuity: Journal of English Language Pedagogy, Literature, and Culture 7.1 (2022): 19- 36.

Darmadi, Hamid. Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2021.

Downloads

Published

2022-11-09 — Updated on 2022-11-09

Versions

How to Cite

Silalahi, M. ., Purba, A. ., Benarita, B., Matondang, M. K. ., Sipayung, R. W. ., Sialalahi, T. F. ., Saragih, N. ., Girsang, S. E. E. ., Damanik, I. J., & Sibuea, B. . (2022). CREATIVITY TEACHING AND CLASS MANAGEMENT SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA KABUPATEN TOBA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1722–1725. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8582