PELATIHAN PROMOSI KERIS BERBAHASA INGGRIS DENGAN METODE ROLE PLAY BAGI SENTRA KERAJINAN KERIS DESA AENG TONG-TONG

Authors

  • Akhmad Feri Fatoni Universitas Wiraraja
  • Hafidhah Hafidhah Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8581

Keywords:

Keterampilan Bahasa Inggris, Keterampilan Promosi Keris, Role Play, UKM Sentra Pengrajin Keris

Abstract

Kabupaten Sumenep dikenal sebagai soul of Madura menyimpan beragam warisan budaya mulai dari tari, musik, upacara adat, hingga kulliner. Corak budaya yang beragam dan unik ini terus diupayakan pelestariannya oleh pemerintah kabupaten. Salah satu fokus pelestarian ini adalah eksistensi keris Sumenep. Pemerintah kabupaten Sumenep telah melakukan beberapa upaya agar keberadaan keris Sumenep ini dapat terus berkembang dan mendapat legalitas resmi. Hingga pada tahun 2014, Kabupaten Sumenep mendeklarasikan diri sebagai “kota keris” atas pengakuan UNESCO.  Tujuan dari PkM ini adalah untuk meningkatkan keterampilan promosi keris dalam Bahasa Inggris bagi Sentra Pengrajin Keris desa Aeng Tong-tong. UKM tersebut dipilih karena fokus rencana strategis Unit Kegiatan ini adalah membuat, melestarikan, mempromosikan keris serta menerima kunjungan wisatawan yang berkaitan dengan keris. Metode yang digunakan pada PkM ini adalah pelatihan berupa pemberian materi seputar menghafal kosa kata, melafalkan kosa kata, dan menggunakan ungkapan promosi dalam Bahasa Inggris sembari bermain peran (role play). Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan promosi keris berbahasa Inggris mitra. Hasil pre-test menunjukkan 15% anggota memiliki keterampilan dalam berpromosi dalam Bahasa Inggris. Setelah dilaksanakan beberapa kegiatan, kemudian dilaksanakan post-test, terjadi peningkatan keterampilan promosi berbahsa Inggris menjadi 50% dari jumlah mitra.

References

Kabupaten Sumenep dikenal sebagai soul of Madura menyimpan beragam warisan budaya mulai dari tari, musik, upacara adat, hingga kulliner. Corak budaya yang beragam dan unik ini terus diupayakan pelestariannya oleh pemerintah kabupaten. Salah satu fokus pelestarian ini adalah eksistensi keris Sumenep. Pemerintah kabupaten Sumenep telah melakukan beberapa upaya agar keberadaan keris Sumenep ini dapat terus berkembang dan mendapat legalitas resmi. Hingga pada tahun 2014, Kabupaten Sumenep mendeklarasikan diri sebagai “kota keris” atas pengakuan UNESCO. Tujuan dari PkM ini adalah untuk meningkatkan keterampilan promosi keris dalam Bahasa Inggris bagi Sentra Pengrajin Keris desa Aeng Tong-tong. UKM tersebut dipilih karena fokus rencana strategis Unit Kegiatan ini adalah membuat, melestarikan, mempromosikan keris serta menerima kunjungan wisatawan yang berkaitan dengan keris. Metode yang digunakan pada PkM ini adalah pelatihan berupa pemberian materi seputar menghafal kosa kata, melafalkan kosa kata, dan menggunakan ungkapan promosi dalam Bahasa Inggris sembari bermain peran (role play). Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan promosi keris berbahasa Inggris mitra. Hasil pre-test menunjukkan 15% anggota memiliki keterampilan dalam berpromosi dalam Bahasa Inggris. Setelah dilaksanakan beberapa kegiatan, kemudian dilaksanakan post-test, terjadi peningkatan keterampilan promosi berbahsa Inggris menjadi 50% dari jumlah mitra.

Downloads

Published

2022-11-09 — Updated on 2022-11-09

Versions

How to Cite

Fatoni, A. F. ., & Hafidhah, H. (2022). PELATIHAN PROMOSI KERIS BERBAHASA INGGRIS DENGAN METODE ROLE PLAY BAGI SENTRA KERAJINAN KERIS DESA AENG TONG-TONG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1715–1721. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8581