This is an outdated version published on 2022-11-03. Read the most recent version.

GERAKAN SERIBU HARI PERTAMA KEHIDUPAN MELALUI PEMBERDAYAAN KADER MANDIRI SEHAT TANGGUH (MAHATTA) DI DESA DHARMA TANJUNG

Authors

  • Elke Amanda Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nurul Kamariyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rahmadaniar Aditya Putri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nurainiyah Nurainiyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Nur Hasina Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8247

Keywords:

Kader Mahatta, 1000 Hari Pertama Kehidupan

Abstract

Pemberdayaan kader Mahatta yang memfasilitasi ibu hamil dan ibu yang mempunyai anak sebelum usia 2 tahun, dari hasil penelitian Kamaraiyah tahun 2022 di desa Dharma Tanjung menunjukkan hasil yang signifikan.  Pada penelitian tersebut masih ditemukan sebagian besar  responden pada penelitian tersebut masih mempunyai tingkat pengetahuan, sikap, perilaku dan derajad kesehatan yang rendah.  Sebagai bentuk dari hasil penelitian tersebut sebagai peneliti melanjutkan kegiatan tersebut dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan dengan memberdayakan kader Mahatta untuk memfasilitasi warga nya mulai dari ibu hamil sampai dengan ibu yang mempunyai anak sebelum usia 2 tahun untuk berdiskusi dengan petugas kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk menyongsong 1000 Hari Pertama kehidupan. Waktu yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat selama dua minggu untuk masing masing responden yang mempunyai permasalahan yang sama. Hasil yang di capai setelah difasilitasi oleh Kader Mahatta kepada tenaga kesehatan menyongosng 1000 Hari Pertama kehidupan telah didapatkan hasil terjadi peningkatan derajad kesehatan yanga ditunjukkan dengan data hampir seluruhnya (89%) terjadi peningkatan pengetahuan, hampir seluruhnya (92%)  terjadi peningkatan sikap, dan 96% terjadi peningkatan ketrampilan serta hampir seluruhnya (98%) terjadi peningkatan derajad kesehatan. Peningkatan pengetahuan, sikap, perilaku serta derajad kesehatan ibu hamil dan ibu yang mempunyai anak usia sebelum 2 tahun akan bermakan jika dilakukan pendampingan oleh tenaga kesehatan atau tenaga yang berkompeten dalam edukasi atau pemberian keterampilan kepada masyarakat.    

References

Febriani, E. T., Hidayati, R. W., ST, S., KM, M., Rohmah, F. N., & ST, S. (2020). Gambaran Pelaksanaan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi pada Ibu Hamil di Puskesmas Mlati II Sleman (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Fatwikiningsih, N. (2020). Teori Psikologi : Kepribadian Manusia Ed.1. Yogyakarta : Andi.

Irwanto, I. (2022). Pendampingan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Kkm Tematik Di Desa Pegandikan Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang-Banten. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1201-1208.

Kamariyah, N., Khamida, K., Nurjanah, S., Zahroh, C., Hasina, S. N., & Afiyah, R. K. (2021). Leininger Theory Development through Mentoring Students and Community-Leaders in Preventing the Spread of COVID-19. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9(T6), 184-188.

Kamariyah, N., Choirotussanijjah, C., Amanada, E., Pangestu, Y. A., Irsanto, D. H., Rahmawati, K. D., ... & Hasina, S. N. (2022). Pendampingan Mahasiswa, Alumni, Dan Tokoh Masyarakat Untuk Meningkatkan Self Management Ibu Post Partum Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Saat Pandemi Covid-19. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 271-276.

Sulistiyani, C. N., & Praditasani, D. (2016). Pelatihan Pendataan Dan Pendampingan Ibu Hamil Risiko Tinggi Di Desa Puguh Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Karya Ilmiah.

Wuriningsih, A. Y., Wahyuni, S., Rahayu, T., Distinarista, H., Astuti, I. T., Khasanah, N. N., ... & Puspitasari, D. W. (2017, September). Pendampingan Ibu Hamil Melalui Program One Student One Client (Osoc) Di Wilayah Kerja Puskesmas Genuk Semarang. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Downloads

Published

2022-11-02 — Updated on 2022-11-03

Versions

How to Cite

Amanda, E., Kamariyah, N. ., Putri, R. A. ., Nurainiyah, N., & Hasina, S. N. . (2022). GERAKAN SERIBU HARI PERTAMA KEHIDUPAN MELALUI PEMBERDAYAAN KADER MANDIRI SEHAT TANGGUH (MAHATTA) DI DESA DHARMA TANJUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1546–1552. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8247 (Original work published November 2, 2022)