PELATIHAN PEMBUATAN ANIMASI 2 DIMENSI BAGI SISWA SMK YPM DIPONEGORO

Authors

  • Miftahul Huda UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Istifatun Zaka UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Kiki Maharani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8241

Keywords:

Animasi 2 Dimensi, Pelatihan Multimedia, Siswa SMK YPM Diponegoro, Swishmax

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang masih manual dapat menyebabkan siswa mengalami keterbatasan dalam memahami materi, apalagi untuk mata pelajaran yang bersifat praktek. Pembelajaran animasi 2D merupakan pelajaran yang membutuhkan visualisasi agar siswa dapat memahami prinsip-prinsip dasar animasi 2 dimensi secara maksimal. Kegiatan pengabdian ini dilakukan agar siswa tidak lagi menganggap mata pelajaran animasi 2 dimensi sebagai mata pelajaran yang menyusahkan dan membosankan. Kegiatan juga memberikan memberikan pengetahuan tentang prinsip dasar animasi 2 dimensi dan memberikan pemahaman langkah-langkah yang harus dikerjakan dalam pembuatan animasi 2 dimensi. Langkah pembuatan animasi ini dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan aplikasi swishmax. Kegiatan PKM ini dilakukan di kelas XI Multimedia SMK YPM Diponegoro, tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dengan tujuan agar siswa dapat mempraktekkan membuat animasi 2 dimensi dengan menggunakan swishmax. Kegiatan berlangsung dengan baik dan interaktif. Siswa juga dapat membuat animasi dengan swishmax.

References

Charissudin, A., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Animasi Menggunakan Aplikasi Swishmax. Square?: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 10–19. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.1.7522

Latief, M., Lahinta, A., & Hasan, M. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Jurnal Teknik, 20(1), 77–88. https://doi.org/10.37031/jt.v20i1.234

Masni, H., & Hutabarat, Z. S. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Lash Animation With Swish Max Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), 257. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i2.147

Risyani, Y., Chandra, T., Suwandhi, A., Kita, J. T., & Angin, P. (2021). Pelatihan Pembuatan Ilustrasi Animasi Antisipasi Covid-19 Bagi Siswa SMK Immanuel. 1(3), 41–45.

Sari, R. U., Farida, F., Andriani, S., & Anggoro, B. S. (2020). Swishmax dalam Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Aljabar. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 280–287. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1548

Downloads

Published

2022-11-02 — Updated on 2022-11-03

Versions

How to Cite

Huda, M. ., Zaka, I. ., & Maharani, K. . (2022). PELATIHAN PEMBUATAN ANIMASI 2 DIMENSI BAGI SISWA SMK YPM DIPONEGORO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1540–1545. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8241 (Original work published November 2, 2022)