PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI FUN MATH (FOR YOUNG LEARNER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA

Authors

  • Lisa Virdinarti Putra Universitas Ngudi Waluyo
  • Ratih Laily Nurjanah Universitas Ngudi Waluyo
  • Zulmi Roestika Rini Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8193

Keywords:

Aplikasi Fun Math, Pembelajaran Matematika, Numerasi Berhitung

Abstract

Peranan guru atau pendidik sebagai fasilitator sangatlah mutlak diperlukan dalam setiap proses belajar mengajar khususnya di tingkat Pendidikan Sekolah Dasar (SD). Para pendidik memerlukan berbagai macam bentuk strategi dalam meningkatkan pemahaman siswa akan numerasi, literasi dan teknologi. Ada beberapa metode yang dapat diterapkan sebagai upaya untuk memfasilitasi guru, siswa maupun orang tua akan pengetahuan terkait numerasi, literasi, dan teknologi khususnya ketika pandemi COVID 19 berlangsung. Pada tahun 2021, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan  Teknologi (Mendikbudristek) meluncurkan beberapa jenis program terkait pendidikan dan pelayanan masyarakat, salah satunya adalah Program Kampus Mengajar II (KM). Kampus Mengajar merupakan suatu terobosan dalam dunia pendidikan yang berdampak pada pengangkatan kualitas sekolah-sekolah yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) yang salah satunya adalah SDN 84 Gresik. Tujuan utama dari penulisan artikel pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan ini adalah untuk menjabarkan kegiatan yang telah di implementasikan oleh mahasiswa bimbingan dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam mengembangkan pengetahuan akan numerasi,literasi dan teknologi bagi siswa, guru maupun orang tua wali murid di SDN 84 Gresik selama progam Kampus Mengajar II berlangsung. Pengambilan data dilakukan melalui proses teknik pencatatan selama observasi, tanya jawab, diskusi serta dokumentasi di setiap kegiatan selama kurang lebih dua puluh minggu. Dari program tersebut dapat disimpulkan jika kurangnya pengetahuan akan numerasi, literasi dan teknologi bagi siswa, guru, maupun orang tua/wali murid di SDN 84 Gresik memberikan dampak yang signifikan pada akreditasi sekolah. Sehingga diharapkan agar Kepala Diknas Pendidikan Dasar (Kadin Didkas) Kabupaten Gresik ikut berperan dan memberikan dukungan demi kemajuan SDN 84 Gresik.

References

Antoro, B. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Faizah, D.U., dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi sekolah di Sekolah Dasar. Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fathani, A.H. 2016. Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. EduSains Volume 4 Nomor 2.

Han, W., dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Tim GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurkamilah, M., Nugraha, M.F., Sunendar, A. 2018. Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMS.

Pakpahan, R. 2016. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam PISA 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1, Nomor 3.

Subrahmanyam, K., dkk. 2000. Children’s Activities and Develompment. Children And Computer Technology vol 10 no 2. (https://www.princeton.edu/futureo fchildren/publications/docs/10_02_ 05.pdf)

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Wiedarti, P., dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Putra , L. V. ., Nurjanah, R. L. ., & Rini, Z. R. . (2022). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI FUN MATH (FOR YOUNG LEARNER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1774–1779. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8193