PELATIHAN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS MAHASISWA PBA MADIN UNIVERSITAS NURUL JADID

Authors

  • Yayah Robiatul Adawiyah Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Afifatud Dini Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Lailatul Firdaus Hasanah Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Anna Kholifah Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8095

Keywords:

Pelatihan, Profesionalisme Guru, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) memiliki peranan penting dalam meningkatkan profesionalisme guru, oleh karena itu guru harus melakukan PTK sesuai dengan masalah-masalah yang di hadapi ketika mengajar di kelas. Berdasarkan identifikasi masalah bahwa masih banyak mahasiswa PBA Madin Universitas Nurul Jadid mengalami kesulitan dalam menyusun PTK dan melaksanakannya dikelas. Lemahnya kemampuan mereka dalam menyusun PTK disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan atau pemahaman mereka tentang PTK secara praktek. Berdasarkan identifikasi permasalahan mitra tersebut maka, solusi yang ditawarkan dari kegiatan PKM ini adalah 1) peningkatan motivasi guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas; 2) pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas; 3) pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan praktik penyusunan rancangan penelitian tindakan kelas. kegiatan dalam pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat guru-guru dalam menulis karya tulis ilmiah. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah 1) sosialisasi program; 2) koordinasi pelaksanaan; 3) pelaksanaan; 4) evaluasi hasil kegiatan. Luaran yang akan dihasilkan dari kegiatan PKM ini adalah 1) meningkatnya kesadaran dan motivasi peserta atau guru untuk menulis karya ilmiyah atau melakukan penelitian tindakan kelas; 2) meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru dalam melakukan peneltian tindakan kelas; 3) menyusun rancangan dan menulis laporan hasil penelitian tindakan kelas.

References

Chairunnisa, C. (2020). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 22-30.

Hana, P.E. & Yeni, M.D. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan danPengabdian Masyarakat, 368-372.

Happy F., Muhammad, K., & Nur, R. (2019). Upaya meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Andimas Unwahas, 14-25.

Jamal, M.A.(2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:Laksana.

Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan siswa melalui model pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT Pada Tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 173-180

Martono, B. (2022, April Kamis). Optimalisasi kemampuan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Melalui Metoda Tutorial Bagi Guru SMK Peserta diklat di PPPPTK BOE Malang.

Paizaluddin &Ermalinda (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Calssroom Action Research). Bandung: Alfabeta

Syaiful, B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta

Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan. Jakarta:Erlangga.

Downloads

Published

2022-10-31 — Updated on 2022-10-31

Versions

How to Cite

Adawiyah, Y. R. ., Dini, A. ., Hasanah, L. F. ., & Kholifah, A. . (2022). PELATIHAN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS MAHASISWA PBA MADIN UNIVERSITAS NURUL JADID. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1534–1539. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8095