PELATIHAN PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE 365 DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • Marsuki Marsuki Universitas Cenderawasih
  • Hidayah Hidayah Universitas Cenderawasih
  • Andi Syaiful Universitas Cenderawasih
  • Ince Abdul Muhaemin Universitas Cenderawasih
  • Ilham Ilham Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8093

Keywords:

Pelatihan, Microsoft Office 365, Pembelajaran

Abstract

Kegiatan ini bertajuk Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office 365 dalam Proses Pembelajaran dengan jumlah peserta sebanyak 30 Orang. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan memanfaatkan  metode Participatory Rural Appraisal (PRA) yang dibagi dalam tiga tahapan yaitu; persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil pelaksanaan kegiatan tersebut menunjukkan bahwa para peserta antusias karena merupakan pelatihan baru yang mereka dapatkan. Secara keseluruhan kegiatan ini terlaksana dengan baik karena adanya dukungan dari berbagai pihak, adapun hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah kurangnya dukungan jaringan internet dan kondisi laptop peserta yang terkadang memiliki performa yang sangat lambat. Sebagai catatan penutup, pelatihan pemanfaatan Microsoft Office 356 dalam proses pembelajaran sekiranya intens dilaksanakan mengingat kemajuan teknologi digital terus mengalami perkembangan yang telah merambah hampir di seluruh lini kehidupan manusia, termasuk di dunia pendidikan

References

Aribowo, E. K., & Setianingtyas, A. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft® Office 365 TM bagi Pendidik di Kabupaten Klaten untuk Mewujudkan 21st Century Learning: Sebuah Langkah Awal. Hilirisasi Hasil Penelitian Melalui Program Pengabdian Berkelanjutan, 111–118.

Awaru, O. T., Syam, A., Rahman, A., Torro, S., Zulkifli, Ferdiansyah, E., & Khatimah, A. K. (2021). Workshop Edukasi Microsoft Office 365 Dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 478–490.

Bintara, Wahyu Setia. (2022). Pengertian Microsoft OneDrive – Manfaat, Fitur, Kelebihan https://dianisa.com/pengertian-microsoft-onedrive/ (Diakses, 28 Oktober 2022).

Bintara, Wahyu Setia. (2022). Pengertian Microsoft Teams – Fungsi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan. https://dianisa.com/pengertian-microsoft-teams/ (Diakses, 29 Oktober 2022).

Dti.itb.ac.id. (2020). Panduan Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams - DTI ITB. https://dti.itb.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/Ms_teams2020.pdf (Diakses, 29 Oktober 2020)

Gohzali, H., Lestari, W. S., & Perangin-angin, N. (2022). Penggunaan Aplikasi Microsoft Office 365 Sebagai Alat Pembelajaran Daring. Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi, 1(3), 57–64.

Handayani, Siti Mardiah. (2020). Penggunaan Media Sway Dalam Pembelajaran. https://disdikkbb.org/news/penggunaan-media-sway-dalam-pembelajaran/ (Diakses, 28 Oktober 2022).

Ilham, I., Muttaqin, U. I., & Idris, U. (2020). Pengembangan Bumkam Berbasis Potensi Lokal Di Kawasan Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 104-109.

Ilham, Muttaqin, M. Z., Idris, U., & Renyaan, D. (2022). Era Digital?: Influencer Dalam Sistem Politik Indonesia. Jurnal Ekologi Birokrasi, 10(1), 69–80.

Ilham, S. (2021). E-Governance. Deepublish.

Jontarnababan. (2020). Refleksi Dalam Pembelajaran. https://www.jontarnababan.com/2020/08/refleksi-dalam-pembelajaran.html (Diakses 28 Oktober 2022).

Marzuki, M., Syaiful, A., & Muhaemin, I. A. (2021). Pelatihan Penggunaan Google Form Bagi Guru Penjas Di Kota Jayapura. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 962-966.

Marsuki, M., Saiful, A., Muhaemin, I. A., & Ilham, I. (2021). Pelatihan Penggunaan Fitur Google (Drive, Contact, Meet, Classroom, Dan Youtube) Bagi Guru Penjas Di Kota Jayapura. Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), 130-138.

Microsoft (2022). Memulai dengan Microsoft Teams. https://support.microsoft.com/id-id/office/memulai-dengan-microsoft-teams-b98d533f-118e-4bae-bf44-3df2470c2b12 (Diakses, 28 Oktober 2022).

Microsoft. (2022). Penyimpanan Cloud Pribadi OneDrive. https://techcommunity.microsoft.com/t5/microsoft-onedrive-blog/bg-p/OneDriveBlog (Diakses, 29 Oktober 2022).

Nurvita, N. (2021). Efektivitas Penggunaan Microsoft 365 Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di SMK Batik 2 Surakarta. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oliver, Andre. (2021). Yuk, Buat Formulir dan Survei yang Interaktif dengan Microsoft Forms. https://glints.com/id/lowongan/microsoft-forms-adalah/#.Y1qijuRBy5c (Diakses, 28 Oktober 2022)

Putri, M. K., & Yermiandhoko, Y. (2022). Strategi Pemanfaatan Dan Efektifitas Platform Digital Microsoft Office 365 Sebagai Model Pembelajaran Interaktif Di Masa Pandemi Covid19 Di Sekolah Dasar. JPGSD, 10(5), 1150–1159.

Saputra, A. D., & Saddhono, K. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Microsoft Office Team 365 untuk SMA di masa pandemi. LINGUA, 18(1), 16–26.

Sawitri, & Icchanti, K. (2021). Implementasi Office 365 Sebagai Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID 19 di SMK Muhammadiyah Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 67–72.

SMPN 1 Jatipurno. (2020). Maksimalkan Microsoft Form Dalam Pembelajaran. http://smpn1jatipurno.sch.id/read/7/maksimalkan-microsoft-form-dalam-pembelajaran (Diakses, 29 Oktober 2020).

Suprianto. (2018). Perancangan E-Learning Menggunakan Office 365 Dalam Proses Belajar Mengajar. Seminar Nasional Royal, September, 381–386.

Syairozi, Ahmad. (2015). Microsoft SWAY. http://www.syairozi.my.id/2015/12/tutorial-membuat-presentasi-di.html (Diakses, 29 Oktober 2022)

Yumame, J., Muttaqin, Z., & Ilham, I. (2020). Teknik baca skimming, penulisan karya ilmiah dan literasi digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 254-258.

Yunita, D. I. Efektivitas Kebijakan “Belajar Daring” Masa Pandemi Covid-19 Di Papua. wawasan Ilmu.

Downloads

Published

2022-10-31 — Updated on 2022-10-31

Versions

How to Cite

Marsuki, M., Hidayah, H., Syaiful, A. ., Muhaemin, I. A. ., & Ilham, I. (2022). PELATIHAN PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE 365 DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1526–1533. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8093