PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA DAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA MASYARAKAT DESA WIDODAREN KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI SEBAGAI RINTISAN DESA PANCASILA

Authors

  • Iman Pasu Marganda Hadiarto Purba Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sigit Widodo Universitas Negeri Surabaya
  • Mi’rojul Huda Universitas Negeri Surabaya
  • Rahmanu Wijaya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8088

Keywords:

Nilai Pancasila, Revolusi Mental, Kader

Abstract

Aktualisasi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, falsafah bangsa dan ideologi negara hal yang sangat penting secara konsisten dilakukan. Radikalisme, terorisme, fanatisme agama, praktik politik identitas, hoax, konflik atas nama suku dan ras, ujaran kebencian, arus globalisasi dan tantangan lainnya akan teratasi, jika nilai-nilai Pancasila teraktualisasi dengan baik. Penguatan nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan di Desa Widodaren menjadi penting mengingat desa ini secara sosio-kultural sangat beragam dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi desa yang inklusif dan maju. Terkait dengan Gerakan Nasional Revolusi mental khususnya poros Gerakan Indonesia Bersatu, Gerakan Indonesia melayani, dan Gerakan Indonesia mandiri diaktualisasi di desa ini melalui Kemah Pancasila, Penguatan Layanan Prima Administrasi dan Pelatihan Branding Produk Lokal. Kegiatan ini difasilitasi oleh kader Komunitas Anti Intoleransi dan Radikalisme (KANIRA) yang terlebih dahulu diperlengkapi sebelum diterjunkan kelapangan. Kegiatan ini berjalan dengan baik dihadiri oleh warga desa dan perangkat desa yang akan ditindaklanjuti sebagai rintisan desa Pancasila.

References

Madjid, Nurcholish 1999, Pengantar: “Masyarakat Madani dan Investasi Demokrasi: Tantangan dan Kemungkinan”, Pustaka Hidayah: Bandung.

Raymundus, Sudhiarsa SVD. 2008. Kearifan Sosial Lintas Budaya – SVD Surya Wacana Merespon Misi Gereja, Lamalera, 74 Suparlan, Parsudi. 2002.

Menuju Masyarakat Indonesia Yang Multikultural, Makalah disajikan pada Simposium Internasional Jurnal Antropologi Indonesia ke-3, Membangun Kembali “Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika”, Menuju Masyarakat Multikultural, Universitas Udayana, Denpasar, Bali, 16-19 Juli 2002, (http://www.scripps.ohiou.edu/news/ cmdd/ artikel ps.htm). Tim Penulis. 2021.

Buku Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat. LPPM Unesa: Surabaya

Downloads

Published

2022-10-30 — Updated on 2022-10-30

Versions

How to Cite

Purba, I. P. M. H. ., Widodo, B. S. ., Huda, M. ., & Wijaya, R. . (2022). PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA DAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA MASYARAKAT DESA WIDODAREN KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI SEBAGAI RINTISAN DESA PANCASILA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1512–1525. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8088