PENDAMPINGAN OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTASI STEAM DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Belinda Dewi Regina Universitas Muhammadiyah Malang
  • Beti Istanti Suwandayani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Kuncahyono Kuncahyono Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rusnilawati Rusnilawati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7952

Keywords:

Kompetensi Guru, Pembelajaran Tematik, STEAM, Sekolah Dasar

Abstract

Sebagai sekolah yang baru tumbuh berkembang, SD Mumtas dihadapkan pada beberapa permasalahan, diantaranya adalah kualitas guru dan ketatnya persaingan sekolah dasar (SD) di wilayah kota Malang. Inovasi juga dilakukan dengan menetapkan target jangka pendek yang memuat ciri khas SD Mumtas di masa datang, yang menjadi pembeda dari sekolah dasar yang ada di wilayah kota Malang, yakni melalui implementasi pendekatan pembelajaran saintifik berorientasikan STEAM. Hasil kesepakatan antara tim program pengabdian dan sekolah mitra, dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi dan urgen untuk diselesaikan meliputi: 1) adanya perbedaan persepsi antara guru di sekolah mitra dalam mengintepretasikan pembelajaran STEAM. 2) Perlu adanya upaya peningkatan kompetensi preofesional guru di sekolah mitra khususnya merancang pembelajaran STEAM. 3) Implementasi pembelajaran tematik berorientasi STEAM belum optimal. 4) Penggunaan ecoliteracy yang belum optimal sebagai media/bahan/ sumber belajar. Solusi mengatasi permasalahan tersebut adalah 1) Focus Group Discussion (FGD) dan pelatihan aktivitas pembelajaran STEAM, 2) Pelatihan Pembelajaran Berbasis STEAM, 3) Penyusunan design pembelajaran STEAM. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, diskusi, metode simulasi direct instruction), dan metode pendampingan. Sehingga secara lengkap target luaran pada program pengabdian ini yaitu tersusunnya design pembelajaran STEAM.

References

Henriksen, 2014. Creativity in Excellen STEAM Teaching Practices. The STEAM Journal, Vol 1. No 2. Hal 1-9

Mcauliffe, 2016. Well-being in pregnancy: an examination of the effect socioeconomic, dientary and lifestyle factors including impact of a low glycaemic index dietary intervention. European Journal of Clinical Nutrition, Vol 6. No 8. Hal 19-24).

Wijaya, A. D., Karmila, N., & Amalia, M. R. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM ( Science , Technology , Engineering , Art , Mathematics ) Pada Kurikulum Indonesia. Proseding Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya Sabtu, 21 November 2015 Bale SawalaKampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor, (November), 85–88.

Zubaidah, 2019. Pengaruh Penerapan Strategi Metahognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Anargya. Vol 2. No. 1. Hal 14-20

Downloads

Published

2022-10-25 — Updated on 2022-10-25

Versions

How to Cite

Regina, B. D. ., Suwandayani, B. I. ., Kuncahyono, K., & Rusnilawati, R. (2022). PENDAMPINGAN OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTASI STEAM DI SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1489–1494. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7952