PENDAMPINGAN PEMANFAATAN BAHAN BEKAS DENGAN DECOUPAGE UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7844Keywords:
Limbah Plastik, Karya Seni Rupa, Pembelajaran SBdPAbstract
Perlu ada inovasi bagi guru supaya setiap materi yang didapat oleh siswa dapat diingat serta dilakukan dengan sangat baik. Hal ini tidak terlepas dari sebuah kreativitas guru untuk selalu memberikan sebuah inovasi, contohnya dengan memanfaatkan bahan bekas yang dijadikan sebuah produk berupa decoupage. Hal ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan serta kreativitas bagi guru, khususnya pada pelajaran seni budaya dan prakarya serta memberikan ilmu tentang berwirausaha. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui serta mendeskripsikan bentuk karya seni rupa yang dapat dihasilkan guru melalui pemanfaatan bahan bekas. Sehingga guru dapat menghasilkan bentuk karya seni rupa yang sangat bervariasi serta memiliki nilai jual. Berdasarkan observasi dari pengabdi di SD Muhammadiyah 3 Assalaam Kota Malang ini bahwa sekolah tersebut cenderung tidak dapat dimanfaatkan dan belum adanya sebuah tindakan pasti untuk menanggulanginya. Paling tidak tim pengabdi ikut membantu didalam mengurangi pencemaran lingkungan di SD tersebut. Maka dari itu perlu diadakannya Pendampingan Pemanfaatan Bahan Bekas dengan Decoupage untuk Mengembangkan Kreativitas Guru di SD Muhammadiyah 3 Assalaam Kota Malang. Tujuan dari dilakukan kegiatan pengabdian ini untuk: 1) memberikan materi tentang pemanfaatan bahan bekas dan juga materi tentang pembuatan decoupage 2) memberikan pelatihan didalam pembuatan karya seni berbahan dasar bahan bekas.References
Arini, Sri Hermawati Dwi dkk. (2017). Seni Budaya Jilid1 untuk SMK. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Conny, Semiawan. (2013). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.
Dharma, I. Krishna. (2011). “Seni Tradisi dan Globalisasi: Menyikapi Ekspansi dan Pendalaman (Deepening) Sistem Dunia dengan Kemantaban Identitas dan Keterbukaan.” Makalah Disampaikan pada Workshop dan Festival Seni Tradisi: Pelestarian dan Revitalisasi Musik dan Lagu Rakyat Menuju Ketahanan Budaya di Gedung mandala Bhakti Wanitatama Yogyakarta, 9-10 Pebruari.
Enco, Mulayasa. (2016). Implementasi Kurikulum 2004.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kamaril, C. (2017). Pendidikan Seni Rupa/ Kerajinan Tangan. Universitas Terbuka.
Kustilawati, H. (2018). Pengenalan Teknik Perspektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Geometris Di Kelas V-C SDN Babatan I Surabaya.. Surabaya: UNESA.
Migristine, Ririn. (2017). Pengolahan Sampah Plastik. Bandung : Angkasa.
Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Oemar, Hamalik. (2020). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
Versions
- 2022-10-23 (2)
- 2022-10-23 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Belinda Dewi Regina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.