PENDAMPINGAN PEMANFAATAN BAHAN BEKAS DENGAN DECOUPAGE UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Belinda Dewi Regina Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arinta Rezty Wijayaningputri Universitas Muhammadiyah Malang
  • Wahyudi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7844

Keywords:

Limbah Plastik, Karya Seni Rupa, Pembelajaran SBdP

Abstract

Perlu ada inovasi bagi guru supaya setiap materi yang didapat oleh siswa dapat diingat serta dilakukan dengan sangat baik. Hal ini tidak terlepas dari sebuah kreativitas guru untuk selalu memberikan sebuah inovasi, contohnya dengan memanfaatkan bahan bekas yang dijadikan sebuah produk berupa decoupage. Hal ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan serta kreativitas bagi guru, khususnya pada pelajaran seni budaya dan prakarya serta memberikan ilmu tentang berwirausaha. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui serta mendeskripsikan bentuk karya seni rupa yang dapat dihasilkan guru melalui pemanfaatan bahan bekas. Sehingga guru dapat menghasilkan bentuk karya seni rupa yang sangat bervariasi serta memiliki nilai jual. Berdasarkan observasi dari pengabdi di SD Muhammadiyah 3 Assalaam Kota Malang ini bahwa sekolah tersebut cenderung tidak dapat dimanfaatkan dan belum adanya sebuah tindakan pasti untuk menanggulanginya. Paling tidak tim pengabdi ikut membantu didalam mengurangi pencemaran lingkungan di SD tersebut. Maka dari itu perlu diadakannya Pendampingan Pemanfaatan Bahan Bekas dengan Decoupage untuk Mengembangkan Kreativitas Guru di SD Muhammadiyah 3 Assalaam Kota Malang. Tujuan dari dilakukan kegiatan pengabdian ini untuk: 1) memberikan materi tentang pemanfaatan bahan bekas dan juga materi tentang pembuatan decoupage 2) memberikan pelatihan didalam pembuatan karya seni berbahan dasar bahan bekas.

References

Arini, Sri Hermawati Dwi dkk. (2017). Seni Budaya Jilid1 untuk SMK. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Conny, Semiawan. (2013). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.

Dharma, I. Krishna. (2011). “Seni Tradisi dan Globalisasi: Menyikapi Ekspansi dan Pendalaman (Deepening) Sistem Dunia dengan Kemantaban Identitas dan Keterbukaan.” Makalah Disampaikan pada Workshop dan Festival Seni Tradisi: Pelestarian dan Revitalisasi Musik dan Lagu Rakyat Menuju Ketahanan Budaya di Gedung mandala Bhakti Wanitatama Yogyakarta, 9-10 Pebruari.

Enco, Mulayasa. (2016). Implementasi Kurikulum 2004.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kamaril, C. (2017). Pendidikan Seni Rupa/ Kerajinan Tangan. Universitas Terbuka.

Kustilawati, H. (2018). Pengenalan Teknik Perspektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Geometris Di Kelas V-C SDN Babatan I Surabaya.. Surabaya: UNESA.

Migristine, Ririn. (2017). Pengolahan Sampah Plastik. Bandung : Angkasa.

Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Oemar, Hamalik. (2020). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-10-23 — Updated on 2022-10-23

Versions

How to Cite

Regina, B. D. ., Wijayaningputri, A. R. ., & Kurniawan, W. . (2022). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN BAHAN BEKAS DENGAN DECOUPAGE UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1454–1461. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7844