PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DENGAN MEMANFAATKAN HYPERLINK

Authors

  • Elly Agustina Julisawati STMIK Jakarta STI&K
  • Fitri Sjafrina STMIK Jakarta STI&K
  • Hurnaningsih Hurnaningsih Universitas Gunadarma
  • Agustina Nicke kakiyai Universitas Gunadarma
  • Wigiyanti Wigiyanti Universitas Gunadarma
  • Kokoy Rokoyah STMIK Jakarta STI&K
  • Fahira Galuh Pangestu Warsito STMIK Jakarta STI&K

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7819

Keywords:

Pemanfaatan, Media Pembelajaran, Teknologi, Hyperlink

Abstract

Sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensinya semaksimal mungkin. Sekolah memegang peranan penting dalam mengembangkan bakat, minat, dan kepribadian siswa, khususnya pada pendidikan dasar. Mereka harus mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, sehingga anak-anak dapat belajar dengan cepat dan beradaptasi dengan lingkungannya. Kekurangan dari sekolah ini adalah guru masih mengandalkan model pengajaran ceramah dan terbatas dalam penggunaan media dalam pembelajarannya. Program kemitraan masyarakat ini dirancang untuk membantu guru lebih mudah dalam menyajikan pembelajaran sains, dan untuk meningkatkan keterampilan siswa. Metode pelatihan bagi guru SDS Budi Harapan adalah dengan mengajarkan cara membuat media. SDS Budi Harapan adalah program kemitraan masyarakat yang berlokasi di Jakarta Timur. Tujuannya adalah untuk memiliki guru yang terampil dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi.

References

Febriyanti, R. H., & Sundari, H. (2020). Penerapan Penggunaan Platform Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Daring. RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 17–27.

Helling, L. S. (2021). Pelatihan Penggunaan Ms. Power Point Bagi Staf di Yayasan Pendidikan Dan Kesejahteraan Islam Al-Muhajirin, Bogor. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(2), 233–237.

Komariah, A. (2019). Metodologi penelitian kualitatif.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.

Permata, E., & Fatkhurrokhman, M. (2021). Pelatihan Komputer Microsoft Office dan Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SDIT Al Muhajirin. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 413–420.

Rahmawati, A. (2017). Laporan pengabdian masyarakat. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang,(201910367), 1–35.

Rusli, M., Winarso, E., & Putri, D. (2020). Pelatihan Microsoft Powerpoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12–15.

Sitanggang, R., Manurung, I. H. G., & Situmorang, H. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT PADA GURU SMP SWASTA MASEHI SIBOLANGIT. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(2), 304–312.

Sukmadinata, N. S. (2019). Landasan psikologi proses pendidikan.

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1(2), 8.

Downloads

Published

2022-10-22 — Updated on 2022-10-23

Versions

How to Cite

Julisawati, E. A. ., Sjafrina, F. ., Hurnaningsih, H., kakiyai, A. N. ., Wigiyanti, W., Rokoyah, K. ., & Warsito, F. G. P. . (2022). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DENGAN MEMANFAATKAN HYPERLINK . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1438–1441. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7819 (Original work published October 22, 2022)