This is an outdated version published on 2022-10-22. Read the most recent version.

PELATIHAN PENGEMBANGAN WEBSITE SEKOLAH BAGI GURU DAN TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • Arsad Bahri Universitas Negeri Makassar
  • Sahribulan Sahribulan Universitas Negeri Makassar
  • Wahyu Hidayat M Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7817

Keywords:

Website, Sekolah Berbasis Digital, Teknologi

Abstract

Teknologi Informasi berbasis komputer adalah salah satu media yang cukup efektif dalam mengelola sistem informasi akademik sekolah. Upaya yang dapat dijadikan sebagai program unggulan Best Practice sebuah Institusi Pendidikan Sekolah adalah pembuatan website Sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan website sekolah berbasis digital guna memberikan informasi yang berkualitas pada masyarakat umum dan menjadikan sekolah sesuai dengan tuntutan perkembangan abad 21, yaitu sekolah berbasis digital. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; a) Observasi; b) Diskusi dan Tanya jawab; c) Tugas Mandiri/Terstruktur; d) Review Tugas; dan e) Konsultasi secara lansung dan online. Adapun pelatihan yang diajarkan ke peserta yakni cara membeli domain dan memilih hosting sekolah; Cara membuat website di wordpress, blogger maupun websitebuilder; serta cara membuat beranda, informasi sekolah, room belajar. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru dan tenaga pendidik dalam pengembangan website setelah mengikuti pelatihan dengan melihat Hasil respon pada angket yang trlah diisi yang dihitung meggunakan skala likert berada pada kategori baik sekali dengan skor rata-rata 4,73.

References

Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah?: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.83

Bumigora Kartarina, U., Madani, M., Supatmiwati, D., Riberu, R. A., & Lestari, I. P. (2021). Sosialisasi dan Pengenalan Computational Thinking kepada Guru pada Program Gerakan Pandai oleh Bebras Biro. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.30812/adma.v2i1.1271

Christian, A., Hesinto, S., & Agustina. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih ). Sisfokom, 07(1), 22–27.

Darnita, Y., Kurniawan, E., & Prayoga, H. (2021). Pembuatan Website Sekolah Dan Penggunaan Google Form Dalam Pembuatan Tugas. Abdi Reksa, 2(2), 28–36.

Hooshyar, D., Pedaste, M., Yang, Y., Malva, L., Hwang, G. J., Wang, M., Lim, H., & Delev, D. (2021). From Gaming to Computational Thinking: An Adaptive Educational Computer Game-Based Learning Approach. Journal of Educational Computing Research, 59(3), 383–409. https://doi.org/10.1177/0735633120965919

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermann, 3(1). https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Rundel, C., & Salemink, K. (2021). education sciences Bridging Digital Inequalities in Rural Schools in Germany?: A Geographical Lottery?? Education Sciences, 11(181), 1–18.

See, K. T., Madhubala, B. H., & Koo, A. C. (2019). Motivation of parents towards reading multilingual eBooks to pre-school children. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(1), 20–36. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i01.9060

Downloads

Published

2022-10-22

Versions

How to Cite

Bahri, A. ., Sahribulan, S., & M, W. H. . (2022). PELATIHAN PENGEMBANGAN WEBSITE SEKOLAH BAGI GURU DAN TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN TAKALAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1426–1431. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7817