PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI E-MONOGRAFI DATA ADMINISTRASI DESA KEDUNGPELUK KECAMATAN CANDI

Authors

  • Suci Megawati Universitas Negeri Surabaya
  • Tauran Tauran Universitas Negeri Surabaya
  • Indah Prabawati Universitas Negeri Surabaya
  • Badrudin Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Nizar Hilmi Universitas Negeri Surabaya
  • Luci Fransiska Universitas Negeri Surabaya
  • Yoan Wandan Sari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7733

Keywords:

Pelayanan Desa, Pelayanan Publik, Pengoperasian Sistem Informasi Desa, Aplikasi Pelayanan.

Abstract

Transformasi digital lebih luas dari hanya merubah layanan menjadi online namun bagaimana mengintegrasikan seluruh area layanan. Pelayanan publik merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa atau pelayanan administrasi sebagaimana definisi pada Undang-Undang No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Tantangan pelayanan publik yang dihadapi semakin kompleks dengan adanya pandemi Covid-19. Perlu adanya kebijakan-kebijakan terobosan dan inovatif dalam rangka mengatasi permasalahan dengan tetap beroreintasi kepada pelayanan publik terbaik yang diberikan kepada masyarakat. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk membantu Pemerintah Desa Kedungpeluk Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo dalam pengoperasian aplikasi website desa atau Sistem Informasi Desa (SID). Pentingnya pengembangan ini untuk membantu pemerintah desa melakukan aktivitas pelayanan publik kepada masyarakat yang mana diarahkan untuk dilakukan berbasis digital di era new normal ini. Pemerintah desa sudah berupaya melakukan pengembangan namun belum berhasil karena beberapa kendala antara lain keterbatasan infrastruktur, SDM, dan finansial. Oleh karena itu target dari kegiatan ini yaitu meningkatkan keterampilan perangkat desa dalam pengoperasian aplikasi website desa atau SID Desa Kedungpeluk.  Selain membantu mengembangkan aplikasi, kegiatan ini juga diarahkan untuk melakukan pelatihan dan pendampingan kepada perangkat desa dan masyarakat dalam menggunakan dan memanfaatkan aplikasi tersebut secara berkelanjutan.

References

Bimasakti, F. (2017). Tatakelola Pemerintahan Berbasis Electronic Government Di Kabupaten Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 6(3), 1–18.

Chaerul, Andi Anas. 2020. Pelayanan Publik di Era New Normal. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pelayanan-publik-di-era-new-normal (diakses pada 02 April 2021 pukul 09.15 WIB).

Indrajit, dkk. (2006). Electronic Government: Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis teknologi Digital. Yogyakarta: Andi.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Sinambela, L. P. (2008). Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Taufiq, O. (2019). Tata Kelola Pemerintah Desa Berbasis E-Government Menuju Good Governance. Dinamika: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 6(1) 145-152.

Undang-Undang No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

United Nations. 2020. 2020 United Nations E-Government Survey. https://www.un.org/development/desa/publications/publication/2020-unitednations-e-government-survey (diakses pada 2 April 2021 pukul 09.35 WIB).

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13266/Menuju-Pemerintahan-Digital.html (diakses pada 3 April 2021 pukul 22.35 WIB).

Wibawa, I. G. A. (2020). Public Inspiration?: Jurnal Administrasi Publik Sistem Digital Tata Kelola Pemerintahan Daerah ( Digital Local Government ). Administrasi Publik, 5(1), 5771

Downloads

Published

2022-10-20 — Updated on 2022-10-20

Versions

How to Cite

Megawati, S. ., Tauran, T., Prabawati, I. ., Kurniawan, B. ., Hilmi, A. N. ., Fransiska, L. ., & Sari, Y. W. . (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI E-MONOGRAFI DATA ADMINISTRASI DESA KEDUNGPELUK KECAMATAN CANDI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1384–1394. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7733