MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SMK

Authors

  • Jemi Pabisangan Tahirs Prodi Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Toraja,
  • Abedneigo Carter Rambulangi Prodi Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.741

Keywords:

Wirausaha

Abstract

Pelatihan ini diberikan pada 50 orang siswa-siswa SMK Kristen Sanggala Kabupaten Tana Toraja. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam berwirausaha melalui metode ceramah, demonstasi dan diskusi kelas. Materi yang diberikan pada siswa-siswa SMK dan disampaikan oleh Dosen Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Kristen Indonesia Toraja. Hasil dari kegiatan ini diharapkan akan menumbuhkan minat berwirausaha bagi siswa SMK sehingga setelah lulus dari SMK tidak lagi berorientasi mencari kerja tapi membuka lapangan pekerjaan. Tumbuhnya lapangan kerja baru dapat membantu pemerintah mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Author Biographies

Jemi Pabisangan Tahirs, Prodi Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Toraja,

Prodi Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Toraja,

Abedneigo Carter Rambulangi, Prodi Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia

Prodi Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia

References

Alma, B.2008. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Heru Kristanto. (2009). Kewirausahaan entrepreneurship pendekatan manajemen dan paraktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kuratko, D.F. & Hodgetts, R.M. (2007). Entrepreneurship: Theory, Process, Practice (7th ed). Canada: Interactive Composition Corporation.

Meredith G, Geoffrey et al., (2006). Kewirausahaan Teori dan Praktek. (Penerjemah : Andre Asparsayogi). Jakarta; Pustaka Binaman Pressindo.

Dharmmesta, B.S. 1998, Teory Of Planned Behavior Dalam Penelitian Sikap, Niat dan Perilaku Konsumen, Jurnal Kelola. No. 18/VII/1998.

Emilda Jusmin, 2012 Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik di Unit Produksi Sekolah, Dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Di Kabupaten Tanah Bumbu, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 21, Nomor 1, Mei 2012.

Gerry. C, Susana. C. & Nogueira. F. 2008. Tracking Student Entrepreneurial Potential: Personal Attributes and the Propensity for Business Start-Ups after Graduation in a Portuguese University. International Research Journal Problems and Perspectives in Management, 6(4): 45-53.

Gorman, G., Hanlon, D. & King, W. 1997. Some Research Perspectives on Entrepreneurship Education, Enterprise Education and Education for Small Business Management: A TenYear Literature Review. International Small Business Journal, 15(3): 56-77.

Johnson, B. 1990. Toward A Multidimensional Model of Entrepreneurship: The Case of Achievement Motivation and The Entrepreneur. Entrepreneurial Theory Practice, 14(3): 39–54.

Littunen, H. 2000. Entrepreneurship and the Characteristics of the Entrepreneurial Personality. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 6(6): 295-309.

Stewart, W.H., Watson, W.E., Carland, J.C. & Carland, J.W. 1998. A Proclivity for Entrepreneurship: A Comparison of Entrepreneurs, Small Business Owners, and Corporate Managersâ€. Journal of Business Venturing, 14(2): 189-214

Didik Wardaya. (2009). Motivasi wirausaha siswa SMK DIY. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Nishanta, B. 2008. Influence of Personality Traits and Socio-demographic Background of Undergraduate Students on Motivation for Entrepreneurial Career: The Case of Srilanka. Paper was presented at the Euro-Asia Management Studies Association (EAMSA) Conference, Japan.

Sutjipto. 2001. Minat Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMEA) terhadap Kewiraswastaan, www.depdiknas.go.id

Downloads

Published

2020-06-17

How to Cite

Tahirs, J. P., & Rambulangi, A. C. (2020). MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SMK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 125–129. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.741