PELAKSAAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA EMPAT BALAI, KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Amalia Yuli Sawitri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Putri Maysaro Simatupang Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7131

Keywords:

Kuliah Kerja Nyata, Sosialisasi Cinta Lingkungan, Hydroponik, Tanaman obat keluarga, Gotong royong.

Abstract

Telah dilaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Hebat di Desa Empat Balai, Kecamatan kuok, Kabupaten Kampar. Tujuan dari pelaksanaan program yaitu Dosen dan mahasiswa memperoleh pengalaman belajar melalui keterlibatan dengan masyarakat secara langsung dengan menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan yang berada dilapangan. Metode pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  dilakukan dalam bentuk pengumpulan data, sosialisasi dan pelatihan melibatkan pemerintah dan masyarakat secara langsung. Beberapa hasil yang dicapai dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Mandiri ini adalah beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan (a) Sosialisasi Cinta Lingkungan,dengan tema Tata Keasrian Alam Desa, Rakyat Sejahtera, (b) Melakukan penyuluhan dan praktek tanaman hydroponik (c)Melakukan penanaman tanaman obat keluarga, (d) Penanaman bibit pohon dan buah-buahan, (e) Mengadakan festival anak sholeh, (f) Mengadakan acara tabligh akbar, (g) Gotong royong, (h) Membuat pojok baca. Terciptanya lingkungan pemukiman yang bersih, hijau, dan bermanfaatmerupakan dambaan semua warga. Namun untuk menciptakan lingkungantersebut sesungguhnya memerlukan sebuah proses perjalanan yang sangatpanjang karena menyangkut sikap hidup, komitmen kuat, kerja sama yang solid,sehingga diperlukan tindakan-tindakan kecil yang dilakukan secara konsistenoleh segelintir orang kemudian menular kebanyak orang menjadi solidaritassosial dan menghasilkan perbaikan luar biasa. Konsep inilah yang sedang dicobadilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Riau di Desa Empat Balai,Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar.

References

Maryani, I., & Noveryal, N. (2019). Penyelenggaraan Festival Anak Sholeh di Dusun Seropan I, Desa Munthuk, Kecamatan Dlingo. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 131-136.

Perdana, D. A., & Panambang, A. S. (2019). Potret Dakwah Islam Di Indonesia: Strategi Dakwah Pada Organisasi Wahdah Islamiyah Di Kota Gorontalo. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 4(2), 229-242.

Rubiantoro, E. A., & Haryanto, R. (2013). Bentuk keterlibatan masyarakat dalam upaya penghijauan pada kawasan hunian padat di kelurahan serengan-Kota Surakarta. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 9(4), 416.

Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan lahan dengan menggunakan sistem hidroponik. Jurnal Bonorowo, 1(2), 43-49.

Saepudin, E., Rusmana, A., & Budiono, A. (2016). Penciptaan pengetahuan tentang tanaman obat herbal dan tanaman obat keluarga. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(1), 95-106.

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48-57.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Sawitri, A. Y. ., & Simatupang, P. M. . (2022). PELAKSAAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA EMPAT BALAI, KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1605–1610. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7131