PENYULUHAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS KARAKTER DI SMK PROFITA KOTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2019-2020

Authors

  • Heri Isnaini IKIP Siliwangi
  • Yulia Herliani SMK Profita

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.707

Keywords:

pembelajaran, menulis, puisi, karakter

Abstract

Penyuluhan ini dilaksanakan di SMK Profita kota Bandung semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Penyuluhan ini dimaksudkan dalam rangka membina para siswa untuk memiliki karakter yang baik dengan diwujudkan dalam penulisan puisi. Penulisan puisi tersebut menjadi rekonstruksi hasil pengamatan siswa berdasarkan pembelajaran karakter yang sudah dilakukan pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah metode projek based learning dengan memanfaatkan alam sekolah sebagai wujud citraan dalam memperoleh inspirasi untuk menulis puisi. Basis karakter yang muncul adalah karakter religius, disiplin, jujur, dan tenggang rasa. Nilai-nilai ini kemudian terafirmasi dalam bentuk-bentuk bait dalam puisi yang pada akhirnya dapat dibaca oleh warga sekolah dalam bentuk gerakan literasi sekolah. Produk yang dihasilkan pada penyuluhan ini adalah teks puisi siswa yang berlandasakan karakter yang memiliki nilai-nilai religius dan kemanusiaan. Pengalaman siswa dalam menulis puisi ini diharapkan dapat memupuk nilai-nilai karakter luhur yang selama ini dipahami hanya sebagai bagian dari pembelajaran mata pelajaran tertentu. Dengan demikian, penyuluhan ini menjadi tonggak dasar yang paling awal dalam mengokohkan nilai-nilai karakter religius dan sosial dalam bentuk pembelajaran menulis puisi.

Author Biographies

Heri Isnaini, IKIP Siliwangi

Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa, IKIP Siliwangi

Yulia Herliani, SMK Profita

SMK Profita

References

Aminuddin. (1995). Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Aunurrahman. (2015). Belajaran dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Insani, S. U., Astuti, & Zulfah. (2020). Pelatihan Pengembangan Instrumen Penilaian Teknik Non Tes Bagi Guru MAN 4 Kampar. Communnity Development Journal, Vol.1, No. 1 Februari 2020, 1-3.

Isnaini, H. (2018). Ideologi Islam-Jawa pada Kumpulan Puisi Mantra Orang Jawa Karya Sapardi Djoko Damono. MADAH: Jurnal Balai Bahasa Riau, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud, Vol 9, No 1 (2018), 1-18.

Isnaini, H., Priyatna, A., Rahayu, L. M., & Adji, M. (2019). Konsep Manunggaling Kawula Gusti Pada Puisi-Puisi Sapardi Djoko Damono. Jurnal Ide Bahasa, Vol. 1 No. 2 Desember 2019, 115-128.

Moleong, L. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mufarizuddin, Fauziddin, M., & Rizal, M. S. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Di SD 004 Bangkinang. Communnity Development Journal, Vol.1, No. 1 Februari 2020, 29-35.

Oakey, J. (1998). Project-Based and Problem-Based: Same or Different? Retrieved from http://pblmm.k12.us/PBLGuide/PBL&PBL.html

Sagala, S. (2019). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Refika Aditama.

Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019). Penyuluhan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang Inovatif Bagi Guru-Guru SMP di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No. 2 2019, 51-58.

Downloads

Published

2020-06-02

How to Cite

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2020). PENYULUHAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS KARAKTER DI SMK PROFITA KOTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2019-2020. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 78–83. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.707