PENGENALAN LITERASI KEUANGAN PADA YAYASAN TAHFIDZUL QUR’AN AR-RAHMANI

Authors

  • Siti Alifah Universitas Indraprasta
  • Adhis Darussalam Pamungkas Universitas Indraprasta
  • Lengsi Manurung Universitas Indraprasta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.704

Keywords:

Literasi Keuangan, Keuangan, Tabungan, Siswi.

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengajarkan siswi mengenai literasi keuangan, yaitu mengelola uang dengan bijaksana dan pentingnya menabung untuk masa depan,metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan menulis dan berhitung sambil bermain, materi terdiri dari, mengenal nilai uang, mengelola uang dengan benar, memilih antara kebutuhan dengan keinginan (3) merencanakan keuangan untuk keperluan di masa depan (4) pentingnya menabung . Kegiatan dilaksanakan di Pesantren milik Yayasan Tahfidzul Qur’an Ar-Rahmani, Ciputat, Tangerang Selatan dengan peserta yang berjumlah 22 orang siswi. Hasil dari hari pertama pengabdian adalah 14 peserta sudah terliterasi, kemudian 6 orang peserta masih kurang terliterasi, dan 2 anak belum memiliki pemahaman tentang literasi keuangan. Kemudian setelah dilakukan sosialisasi, pada hari kedua kelompok pengabdian mengadakan evaluasi dan hasilnya semua peserta paham betapa pentingnya mengelola keuangan, serta menggunakan uang sakunya dengan bijak, mengapa harus memiliki tabungan, melakukan skala prioritas dalam menggunakan uangnya, kemudian para peserta juga menyatakan telah mencoba untuk mengelola keuangannya sendiri.

Author Biographies

Siti Alifah, Universitas Indraprasta

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial Universitas Indraprasta

Adhis Darussalam Pamungkas, Universitas Indraprasta

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta

Lengsi Manurung, Universitas Indraprasta

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta

References

Ati, A. P., & Widiyarto, S. Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis Pada Siswa Smp

Kota Bekasi. Basastra, 9(1), 105-113.

Budiono, Tania. (2014). Keterkaitan Financial Attitude, Financial Behaviour & Financial Knowledge pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Atmajaya Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Atmajaya

Kanserina, Dias. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal Singaraja: Undiksha.

Kasmir. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Literasi Keuangan. (2013). Otoritas Jasa Keuangan. Diunduh dari: https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.aspx tanggal 4 Februari 2020.

Nainggolan, Pahala. (2012). Manajemen Keuangan Lembaga Nirlaba. Yayasan Bina Integrasi Edukasi (YBIE).

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Scholaria, 6(2), 14–28.

Rasyid, Roseni (2012). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 1(12).

Remund, David L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an

Increasingly Complex Economy. The Journal of ConsumerAffairs, 44(2).

Suprapto, H. A. (2018). PELATIHAN Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business Plan) Bagi Siswa

Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Dan Smp Al-Ihsan Guna Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha. Abdimas Siliwangi, 1(2), 81-88.

Sadri, Muhammad. (2019). Pemberdayaan siswa melalui edukasi keuangan sejak dini sebagai upaya pembentukan karakter cerdas mengelola uang. Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 290-295. http://doi.org/10.30596/snk.vlil.3630

Saerang, I.S., & Maramis, J.B. (2017). Eksplorasi respon perencanaan dan pengelolaan keuangan keluarga, Jurnal manajemen bisnis dan inovasi, 4(2). 110 – 115.

Sunarmintyastuti, L., & Widiyarto, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Prakarya Dalam Rangka Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa. Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 134-137.

Sunarmintyastuti, L., & Suprapto, H. A. (2020). Pengembangan SDM Melalui Minat dan

Motivasi Santriwati pada Yayasan Taufidzul Qur’an Ar-Rahmani di Ciputat Tangerang Selatan. JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 6(2), 104-109.

Vernia, D. M., Widiyarto, S., Narsih, D., & Tiwinyanti, L. (2020). Sosialisasi Dan Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Olahan Pisang Pada Siswa Pondok. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 125-128.

Vernia, D. M., Suprapto, H. A., & Supandi, A. (2018). Penyuluhan Pentingnya Minat Kewirausahaan Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa Smk Insan Mulia dan SMP Azzuhriyah Kota Bekasi. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 54-59.

Widiyarto, S., Wulansari, L., & Hasanusi, F. S. (2020). Pelatihan “English Communicative†Guna Mempersiapkan SDM Berkualitas dan “Competitiveâ€. Intervensi Komunitas, 1(2), 125-131.

Downloads

Published

2020-06-02

How to Cite

Alifah, S., Pamungkas, A. D., & Manurung, L. (2020). PENGENALAN LITERASI KEUANGAN PADA YAYASAN TAHFIDZUL QUR’AN AR-RAHMANI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 64–69. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.704