This is an outdated version published on 2022-11-03. Read the most recent version.

PELATIHAN MERANCANG MODUL PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI GURU SDN 6 PEUSANGAN SELATAN MELALUI IN HOUSE TRAINING SEKOLAH PENGGERAK

Authors

  • Muhammad Rizal Universitas Almuslim
  • Muhammad Iqbal Universitas Almuslim Bireuen
  • Rahima Rahima Universitas Almuslim Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6878

Keywords:

Pelatihan, Merancang, Modul Projek

Abstract

Salah satu keunggulan kurikulum merdeka terdapat modul tema Projek  Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek Penguatan Proil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran lintas disiplin yang digunakan untuk mengamati dan juga memberika solusi dari masalah yang berada di lingkunganya. Pasca ditetapkan SDN 6 Peusangan Selatan sebagai Sekolah Penggerak oleh Pemerintah pada tahun 2021 yang lalu telah membuat guru kebingungan dalam menyusun modul tema projek profil pelajar pancasila. Oleh karena itu, tim melakukan pelatihan kepada guru SDN 6 Peusangan Selatan untuk meningkatkan kemampuan dalam merancang modul tema projek profil pelajar pancasila. Tujuan dari pelatihan tersebut adalah guru mampu dokumen yang mendeskripsikan perencanaan kegiatan projek sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam tema tertentu. Adapun metode pelatihannya dengan sistim cerama, diskusi, problem solving dan penugasan. Hasilnya adalah guru sudah mampu merancang modul projek profil secara mandiri: Melakukan penyusunan modul projek profil dari tahap pemilihan tema dan tujuan hingga pengembangan aktivitas dan asesmen secara mandiri.

References

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kemendikbud RI. (2021a). Program Sekolah Penggerak 2021. Kemendikbud. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2021/02/Paparan-Program-Sekolah-Penggerak.pdf

Media, Y. (2021). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Program Sekolah Penggerak. https://www.yoru.my.id/2021/07/penguatan-profil-pelajar-pancasila.html

Ningsih, Yunimar, S., Suryana, D. (2020). Desain Pengembangan Kurikulum Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1-3.

Novita Nur ‘Inayah. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4 . 0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 01(01), 1–13. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7

Nugraheni Rachmawati, Arita Marini, Maratun Nafiah, Iis Nurasiah. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(3), DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru PAUD dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran dan Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109-120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL?: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rusnani, Raharjo, Anis Suryaningsih, Widya Noventari, (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional. 27(2), 230-249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Shalahudin Ismail, Suhana Suhana, Qiqi Yuliati Zakiah. Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1

Downloads

Published

2022-11-03

Versions

How to Cite

Rizal, M. ., Iqbal, M. ., & Rahima, R. (2022). PELATIHAN MERANCANG MODUL PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI GURU SDN 6 PEUSANGAN SELATAN MELALUI IN HOUSE TRAINING SEKOLAH PENGGERAK . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574–1580. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6878