This is an outdated version published on 2022-11-11. Read the most recent version.

PENYULUHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA GURU-GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mufarizuddin Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6268

Keywords:

Guru, Media Pembelajaran, PAUD, Pembuatan, Penyuluhan.

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu sarana yang sangat dibutuhkan guru pendidikan anak usia dini saat guru tersebut melaksanakan pembelajarannya, baik di dalam maupun di luar kelas. Penggunaan media pembelajaran selama ini hanya mengandalkan media pembelajaran pabrikan dan bukan hasil karya guru. Media pembelajaran pabrikan tersebut harganya cukup mahal dan tidak terjangkau oleh guru-guru pendidikan anak usia dini yang ada di daerah. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan terhadap guru-guru pendidikan anak usia dini dalam membuat media pembelajaran yang layak pakai dan terjangkau biayanya. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidikan masyarakat. Metode ini memiliki dua tahapan, yaitu: penyuluhan dan tindakan nyata. Data diperoleh dari guru-guru pendidikan anak usia dini yang ada di Desa Batu Belah, Kabupaten Kampar, Riau yang berjumlah 11 orang guru. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini dapat memberikan pengetahuan serta pengalaman guru pendidikan anak usia dini dalam membuat media pembelajaran yang layak pakai, ramah lingkungan, dan terjangkau biaya pembuatannya. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini dapat menjadi acuan dalam memberikan penyuluhan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru pendidikan anak usia dini dalam membuat media pembelajaran hasil karya sendiri.

References

Afrianingsih, A., Putri, A., R., Wibowo, P., A., Setiardi, D., & Mukaromah, I. (2020). Media Pembelajaran Sindu sebagai Aplikasi Peningkatan Pemahaman Nilai-nilai Budaya Jepara Bumi Kartini bagi Peserta Didik PAUD. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(2), 107–114.

Aisyah, & Kurniawan, A. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Interaktif untuk Anak Usia Dini bagi Guru di TK Lintang Surabaya. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, II(1), 95–100.

Amalia, N., Harfiani, R., & Arifin, M. (2022). Inovasi Literasi Guru TK dalam Meningkatkan Media Baca dan Tulis Anak. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 73–81. https://doi.org/10.30596/ihsan.v

Budiman, A., Abidin, R., Fauzia, F., A., & Ridlwan, M. (2022). Efektifitas Pelatihan Media Pembelajaran Audio Visual (Smart Diffabel) untuk Guru Shadow di SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 313–319.

Dewi, K., Nisa, K., & Praminasari, R. (2019). IBM Implementasi Metode Ajar Interaktif menggunakan Virtual Reality (VR) untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Rumah Qur’an Aisyah. Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 373–378.

Fidesrinur, Fitria, N., & Amelia, Z. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan dan Pembuatan Media Pembelajaran Kognitif pada Kegiatan Rutinitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 04(02), 75–79.

Irzalinda, V., Nawangsasi, D., & Sugiana. (2021). Efektifitas Pelatihan Teknik Pop-Up untuk Meningkatkan Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 887–897.

Kholidah, D., R., Badruttaman, C., A., & Ulfiyatin, A. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran tingkat Dasar (SD/MI/SDIT) dengan memanfaatkan Limbah Sampah (Kardus) untuk Meteri Sistem Pencernaan Manusia. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 37–42.

Kusmiyati, Kadar, S., & Purnomo, B. (2019). Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Guru di PPT Nur Insani Surabaya. Journal Community Development and Society, 1(2), 89–98.

Masitah, W., & Setiawan, H., R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran melalui Seni Decaupage pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 118–126.

Nuraeni, L., Jumiatin, D., & Westhisi, S., M. (2022). Penyuluhan Model Pembelajaran Inovatif PAUD Holistik Integratif melalui Aplikasi Canva untuk Guru PAUD. Abdimas Siliwangi, 5(2), 338–348.

Putri, A., R., Muzakki, M., A., Yulistianti, H., D., & Nafisah, Z. (2022). Pembuatan Boneka Puppet sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Taman Kanak-Kanak. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 51–60.

Rangkuti, D., E., S., & Rangkuti, D. (2020). PKM Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Edukatif di tingkat SD. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3, 81–86.

Saparahayuningsih, S., Qalbi, Z., & Badeni. (2021). Penyuluhan Penggunaan Media Pembelajaran untuk Pengembangan Motorik Halus Anak pada Guru-guru PAUD Gugus Mawar Merah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi PAUD, 2(1), 10–15.

Saparuddin, Charmilasari, & Syakur, A. (2019). PKM Kelompok Guru Bidang Studi Biologi Kota Palopo untuk Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 146–152.

Setiorini, I., L. (2018). Penyuluhan dan Pelatihan membuat Media Pembelajaran Animasi Flash kepada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 2(2), 91–100.

Siron, Y., Khonipah, I., & Fani, N., K., M. (2020). Penggunaan Barang Bekas untuk Media Pembelajaran: Pengalaman Guru PAUD. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(2), 63–74.

Sularno, Witarsa, R., Fadhilaturrahmi, & Rizal, M., S. (2020). Penyuluhan Palawija Desa Ridan Permai untuk Ketahanan Pangan saat Pandemi Covid 19. Communnity Development Journal, 1(2), 151–156.

Usman, Nurlina, Idhayani, N., Amaludin, R., Risnajayanti, Esita, Z., & Salma, S. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Kain Flanel bagi Guru PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidkan, 5(1), 48–53.

Witarsa, R., Fadhilaturrahmi, & Rizal, M., S. (2020). Penyuluhan Asupan Nutrisi Kacang Kedelai terhadap Lemak Perut Masyarakat Desa Ridan Permai. Communnity Development Journal, 1(3), 452–458.

Witarsa, R., & Mufarizuddin. (2020). Penyuluhan Palawija Desa Ridan Permai untuk Eksistensi Keanekaragaman Hayati Sumber Pangan. Community Development Journal, 1(1), 36–40.

Witarsa, R., Mufarizuddin, & Sularno. (2021). Penyuluhan dan Musyawarah Desa Khusus Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Community Development Journal, 2(2), 410–417.

Witarsa, R., Nurmalina, & Mufarizuddin. (2021). Penyuluhan Literasi Digital Desa Ridan Permai. Community Development Journal, 2(3), 1104–1111.

Witarsa, R., Nurmalina, & Mufarizuddin. (2022). Penyuluhan Jenis Sumber Belajar Digital di Sekolah Dasar. Communnity Development Journal, 3(2), 372–378.

Yuliani, S., Salwiah, Hidayah, A., N., Pabunga, D., B., Nurhayati, Aisyah, & Asmudin. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran untuk Mendukung Kegiatan Home Visit bagi Guru TK. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100–105.

Zusrony, E., & Widyaningsih, D. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Era Pandemi Covid-19 di Taman Kanak-kanak. Jurnal Abdidas, 2(4), 821–828.

Downloads

Published

2022-11-11

Versions

How to Cite

Witarsa, R., Nurmalina, N., & Mufarizuddin, M. (2022). PENYULUHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA GURU-GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1824–1831. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6268