PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Authors

  • Winarno Winarno Universitas Borneo Tarakan
  • Fitriawati Fitriawati Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5953

Keywords:

Profesionalisme Guru, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Sebagian besar guru bahasa Inggris SMP di Tarakan mengalami kesulitan dalam menghasilkan karya ilmiah seperti penelitian tindakan kelas (PTK). Karya tulis ilmiah merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh para guru ketika guru tersebut hendak mengajukan kenaikan pangkat, seperti dari golongan IV/a ke IV/b. Tujuan dari program ini adalah untuk mengembangkan kompetensi guru bahasa Inggris SMP di Tarakan dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Workshop ini memberikan manfaat bagi guru Bahasa Inggris SMP dalam mengatasi permasalahan dalam menyusun Karya Tulis Ilmiah (PTK) yang digunakan untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat dan meningkatkan profesionalisme guru Bahasa Inggris. Peserta kegiatan ini adalah guru Bahasa Inggris SMP di Tarakan yang tergabung dalam forum guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Workshop PTK dilaksanakan selama tiga hari di ruang pertemuan SMPN 1 Tarakan. Pelatihan dan bimbingan dilakukan untuk mencapai tujuan program. Para guru bahasa Inggris dilatih dan dibimbing bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas. Hasil dari program tersebut guru bahasa Inggris mampu melakukan penelitian tindakan kelas.

References

Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Depdiknas. 2001. Petunjuk praktis pengembangan profesi bagi jabatan fungsional guru. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Ditjen Dikdasmen

Sanjaya, Wina.2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-08-11

Versions

How to Cite

Winarno, W., & Fitriawati, F. (2022). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1265–1272. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5953 (Original work published June 30, 2022)