PELATIHAN JURNALISTIK DALAM MENULIS BULETIN DENGAN KONTEN BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5932Keywords:
Pelatihan Jurnalistik, Buletin, Konten Budaya.Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan implementasi Program MBKM yang mengangkat judul pelatihan jurnalistik dalam menulis buletin dengan konten budaya. Tujuan kegiatan ini Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tahapan pelatihan jurnalistik dalam menulis buletin dengan konten budaya dan mendeskripsikan dan menjelaskan konten budaya yang berhasil diliput untuk menulis buletin oleh peserta kegiatan pelatihan jurnalistik. Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa pada salah satu program studi di Universitas Kota Kendari yang memiliki minat dan bakat jurnalistik namun belum memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis jurnalistik yang baik. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi pembekalan tentang konsep jurnalistik, etika dan cara kerja jurnalis, cara peliputan berita dan cara menuliskannya dalam bentuk buletin dengan konten budaya. Media yang digunakan dalam kegiatan ini adalah applikasi whatsApp, google meet dan peralatan pembekalan materi dan perlengkapan meliput berita. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah terwujudkan tahapan pelatihan jurnalistik yang meliputi tahap tutorial pembekalan jurnalistik, Pelatihan Meliputan berita tentang warisan budaya tangible di lapangan, rapat redaksi penyusunan naskah buletin dengan konten budaya dan tahap penerbitan buletin pada media cetak. Konten buletin budaya yang dihasilkan berupa deskripsi warisan budaya tangible penggalan masa kolonila Jepang di Kota Kendari. Inilah salah satu dampak positif dari program MBKM yang membuka ruang dan kreatifitas dosen dan genersi muda untuk berkarya memajukan Indonesia, khususnya melalui dunia pendidikan.References
Afriandhani, P., & Lestari, I.W. (2020). Pelatihan penggunaan Bahasa Inggris dalam jurnalistik di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. PROSIDING SEMNAS PPM 2020: Inovasi Teknologi dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pasca Covid-19, 115-1611. https://prosiding.umy.ac.id/semnasppm/index.php/psppm/article/view/103/228.
Fahmi, M.H., Widayati, S., & Setiyaningsih, L.A. (2021). Upgrading keterampilan jurnalistik dan literasi media sebagai media exposed potensi desa melalui pengelolaan website. Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung (SENAM), 266-279.
Haryadi, H., Mukminah, M., Aziz, A., & Anjani, F. (2021). Pelatihan jurnalistik dalam meningkatkan mutu pengelolaan berita dan menumbuhkan budaya literasi milenial pengurus Karang Taruna Kelurahan Dasan Geres. Abdinesia: Jurnal Pengabdian kepada Mayarakat, 1 (2), 47-51.
Hikmat, M. (2018). Jurnalistik: Literary jurnalism. Jakarta Timur: Prenada Media Group.
Ishwara, L. (2005). Catatan-catatan jurnalisme dasar, Jakarta: Buku Kompas.
Machfud, I., & Putra, F.N. (2022). Pelatihan jurnalistik berbasis WEB bagi pengurus KWARAN dan DKR di lingkungan KWARCAB gerakan pramuka Kota Blitar. JPPNu (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara), 4 (1), 64-68.
Putra, I P,D,A., &Wijaya, A. (2021). Pelatihan fotografi, videografi dan menulis berita di media sosial untuk penyandang disabilitas di Annika Linden Centre. Jurnal Lentera Widya, 3 (1), 33-42.
Sudaryanto. (1995). Ragam bahasa jurnalistik dan BI. Semarang: Citra Almamater.
Suhandang, K. (2004). Pengantar jurnalistik: seputar organisasi, produk dan kode etik. Bandung: Penerbit Nuansa.
Utami, G.S. (2019). Panduan pelatihan jurnalistik tingkat dasar 2019. 2019. Depok: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Undang-Undang No. 40 tahun 1999 Pasal 7 Ayat (2)
Downloads
Published
Versions
- 2022-08-10 (2)
- 2022-06-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Salniwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.