PENGUATAN LITERASI KEUANGAN UNTUK SISWA SMP NURUL HIKMAH BEKASI

Authors

  • Indra Setiawan Purba Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Ari Fiyanto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Hugo Aries Suprapto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Dellia Mila Vernia Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5875

Keywords:

Penguatan, Literasi, Keuangan, Siswa SMP

Abstract

Masih maraknya penipuan investasi dan bisnis menjadi alasan, mengapa para siswa SMP perlu dibekali literasi keuangan sejak di bangku sekolah. Literasi keuangan dapat menjadi bekal para siswa , dan diharapkan menjadi siswa yang melek keuangan, tidak mudah tergiur dan tertipu oleh ajakan investasi. Metode yang digunakan adalah metode penyuluhan secara jarak jauh (daring) dan tatap muka. Kedua cara pemberian materi secara bergantian. Awal pertemuan diadakan secara daring, lalu secara tatap muka. Kegiatan dilakukan dari bulan Mei hingga Juli 2022. Kegiatan dilakukan oleh 20 siswa Mts Nurul Hikmah Bekasi. Parameter evaluasi kegiatan dilakuan dengan tes tulis dan praktek. Hasil kegiatan pengabdian kepada para siswa menunjukkan bahwa merek sudah mampu membedakan dan memetakan investasi yang terpercaya, mereka sudah memahami tentang e-banking, pengelolaan keuangan, dan pengenalan OJK (otoritas jasa keuangan) dan indusri keuangan. Nilai rata rata tes tulis sebesar 78, dan praktek sebesar  72. 

References

Cleopatra, M., Sahrazad, S., Widiyarto, S., Widiarto, T., & Harie, S. (2022). Literasi Digital untuk

Pengurus OSIS SMPN 23 Kota Bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 739-744.

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan

Ekonomi Asia, 13(1), 20-27.

Prabowo, H. A., Nurisman, H., Rizkiyah, N., Suyana, N., & Widiyarto, S. (2022). Penguatan

Literasi Keuangan Dan Pelatihan Wirausaha Untuk Pengurus Karang Taruna. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 802-806.

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Scholaria:

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14-28.

Sunarmintyastuti, S., Prabowo, H. A., Sandiar, L., Ati, A. P., Harie, S., Sartono, L. N., &

Widiyarto, S. (2022). Peran Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(6), 32-36.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-08-06

Versions

How to Cite

Purba, I. S. ., Fiyanto, A. ., Suprapto, H. A. ., & Vernia, D. M. . (2022). PENGUATAN LITERASI KEUANGAN UNTUK SISWA SMP NURUL HIKMAH BEKASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1245–1248. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5875 (Original work published June 30, 2022)