PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN PRODUKSI SINOM “SINOM PAK MAR” DUKUH SETRO KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5740Keywords:
Jamu, Pengabdian Masyarakat, Usaha KecilAbstract
Jamu sinom adalah jamu yang terbuat dari daun asam muda atau disebut sinom. Jamu sinom tergolong dalam jenis jamu yang mempunyai citarasa menyegarkan, tidak pahit dan juga tidak membuat orang eneg ketika mengkonsumsinya. Pengkonsumsiannya pun sudah menyeluruh dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Pemasaran yang dilakukan oleh UMKM “Sinom Pak Mar” hanya melalui mulut ke mulut secara tradisional. Mahasiswa KKNT MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan inovasi pada pemasaran di UMKM “Sinom Pak Mar”. Peningkatan strategi pemasaran dilakukan guna a) menambah jangkauan pasar dan konsumen b) menambah pendapatan UMKM “Sinom Pak Mar” c) meningkatkan sisi branding UMKM “Sinom Pak Mar” agar lebih di kenal masyarakat. Selain membantu pihak UMKM “Sinom Pak Mar” mahasiswa juga memiliki wadah untuk berkreasi dalam mengaplikasikan ilmu yang di dapatkan di universitas. Ilmu yang perlu di aplikasikan dalam UMKM “Sinom Pak Mar” meliputi branding, dan marketing. Harapannya dengan adanya dua inovasi ini mampu mendongkrak UMKM “Sinom Pak Mar” menjadi lebih maju di semua sektor, baik pemasaran maupun produksi. Inovasi branding dan marketing meliputi banyak hal termasuk foto produk, dan pembuatan desain brosur. Peningkatan seperti foto produk guna memperbaiki sisi visual produk untuk menarik daya beli konsumen. Masyarakat disekitar juga bisa turut mendapat pengetahuan mengenai bagaimana proses pengelolaan usaha yang baik.References
Badan Litbangkes. 2010. The Dance of Minds: 35 tahun Badan Litbangkes. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Casalino, N., ?uchowski, I., Labrinos, N., Munoz Nieto, Á. L., & Martín, J. A. (2020). Digital Strategies and Organizational Performances of SMEs in the Age of Coronavirus: Balancing Digital Transformation with An Effective Business Resilience. SSRN Electronic Journal, (December). https://doi.org/10.2139/ssrn.3563426
Gao, H., Y.N. Huang, P.Y. Xu, and J. Kawabata. 2007. Inhibitory effect on ?-glucosidase by the fruits of Terminalia chebula Retz. Food Chemistry 105: 628-634.
Hanifawati, T., Suryantini, A., & Mulyo, J. H. (2017). Pengaruh Atribut Kemasan Makanan dan Karakteristik Konsumen terhadap Pembelian. Agriekonomika, 6(9), 73–86. http://dx.doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i1.1895
Lestari, E.Dwi. 2007. Analisis Daya Saing, Strategi dan Prospek Industri Jamu di Indonesia. Institut Pertanian Bogor : Bogor.
Lee, J., N. Koo, D.B. Min. 2004. Reactive oxygen species, aging, and antioxsidative nutreceuticals. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety. 3. 21-33.
Muninger, M. I., Hammedi, W., & Mahr, D. (2019). The value of Social Media for Innovation: A Capability Perspective. Journal of Business Research, 95(July 2017), 116–127. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.012
Murshito, B. 2004. Seri Agrisehat Pelangsing Tubuh. Penebar Swadaya, Jakarta
Paryono, A.K. 2014. Kebiasaan Konsumsi Jamu untuk Menjaga Kesehatan Yubuh pada saat Hamil dan Setelah Melahirkan di Desa Kajoran Klaten Selatan. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan 3(1): 64-72.
Saputra, A., dan D.K. Ningrum. 2011. Pengeringan Kunyit Menggunakan Microwave dan Oven. http://eprints.undip.ac.id/13355/1/ARTIKEL-QUW.pdf. Diakses 20 Desember 2012.
Tandon R, H.D. Khanna, M. Dorababu, and R.K. Goel. 2004. Oxidative stress and antioxidant status in peptic ulcer and gastric carcinoma. Indian Journal of Physiol Pharmacology. 48. 115-118.
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-30 (2)
- 2022-06-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Virginia Mandasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.