EDUKASI DAN PEMANFAATAN BAHAN ALAM UNTUK PEMBUATAN ECOPRINT

Authors

  • Afrahamiryano Afrahamiryano Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Helvita Roza Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Ratih Komala Dewi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Darmanella Dian Eka Wati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Irwan Hanafi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Chairul Amri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5714

Keywords:

Edukasi; Bahan Alam; Ecoprint

Abstract

Himpunan Mahasiswa Biologi merupakan suatu organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, khusus untuk mahasiswa program studi Pendidikan Biologi. Himpunan ini terdiri atas beberapa bidang, salah satunya adalah bidang minat dan bakat. Bidang ini memungkinkan untuk menambah keterampilan anggota dan menjadikan ecoprint sebagai salah satu peluang yang dapat digunakan oleh anggota untuk membuka lapangan pekerjaan nantinya. Tujuan edukasi dan pemanfaatan bahan alam untuk pembuatan ecoprint ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan kemandirian dalam berwirausaha. Pemanfaatan bahan alami untuk pembuatan ecoprint karena ramah lingkungan, tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, proses pembuatannya mudah, bahannya mudah diperoleh karena berasal dari dedaunan, bunga maupun ranting tumbuhan serta tidak memerlukan mesin sehingga dapat dijadikan sebagai lapangan kerja baru. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan praktikum. Hasil yang dicapai adalah : (1) mitra memiliki pengetahuan dan keterampilan mewarnai dan mencetak motif di kain menggunakan teknik ecoprint, (2) mitra mampu mengisi waktu luang yang dimiliki dengan keterampilan mewarnai dan mencetak motif pada kain dengan Teknik ecoprint, (3) mitra sudah memiliki pengetahuan tentang cara membuat kerajinan tangan berupa cetakan motif pada kain dengan teknik ecoprint dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan tersebut sehingga dapat dimanfaatkan untuk membuka lapangan kerja, (4) Hasil akhir dari karya mitra dapat dikategorikan cukup rapi meskipun masih diperlukan latihan guna menghasilkan warna dan cetakan motif tumbuhan (daun, bunga dan batang) yang semakin menarik.   

References

Clourisa, N., Susanto, A., Latief, M., & Dyah, R. (2021). Pengenalan ecoprint guna meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(36), 111–117. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8974

Nurcahyanti, D., & Septiana, U. (2018). Handmade Eco Print as a Strategy to Preserve the Originality of Ria Miranda ’ s Designs in the Digital Age. MUDRA Journal of Art and Culture, 33(September), 395–400. https://doi.org/10.31091/mudra.v33i3.543

Saraswati, R., Susilowati, M. H. D., Restuti, R. C., & Pamungkas, F. D. (2019). Buku Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata. Depok: Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia.

Suryani, H., & Megavitry, R. (2020). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pembuatan Ecoprint Pada Peserta Kursus Menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri Kota Makassar, 1(1), 43–50.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-28

Versions

How to Cite

Afrahamiryano, A., Roza, H. ., Dewi, R. K. ., Wati, D. D. E. ., Hanafi, I. ., & Amri, C. . (2022). EDUKASI DAN PEMANFAATAN BAHAN ALAM UNTUK PEMBUATAN ECOPRINT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1209–1213. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5714 (Original work published June 30, 2022)