OPTIMALISASI POTENSI ALAM MELALUI PROGRAM EDUWISATA DI DESA PENANGGAL CANDIPURO KABUPATEN LUMAJANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5707Keywords:
Optimalisasi Potensi Alam, Eduwisata, Potensi DesaAbstract
Negara Indonesia merupakan Negara yang strategis, kaya akan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang melimpah, dimana ini merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Negara Indonesia untuk dapat berkembang dalam lingkup ruang yang luas. Termasuk dalam segi wisata alam dan juga UMKM SDM. Desa Penanggal atau dapat disebut juga sebagai desa wisata adalah desa yang memiliki potensi alam yang besar,oleh karena ini potensi yang dimiliki desa dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata yang menarik. Dapat membuat desa ini dikenal oleh wisatawan lokal maupun non lokal. Ini merupakan upaya titik balik pemerintah dalam meningkatkan ekonomi desa, terlebih desa pernah mengalamai bencana erupsi Gunung Semeru pada tahun 2021. Maka dari itu dibutuhkannya usaha dalam mengoptimalisasikan potensi desa melalui program Eduwisata. Program ini dikemas menarik dengan konsep bermain sambil belajar, dengan menawarkan paket outbond yang didalamnya terdapat kegiatan menanam dengan view wisata alam yang terletak pada lokasi wisata Tirtosari View,Desa Penanggal,Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Karena salah satu ciri khas dari Desa Penanggal adalah hamparan sawah yang luas dan adanya berbagai macam tanaman hias. Penerapan program eduwisata ini menggunakan metode “kualitatif” dengan analisis deskriptif yang melalui proses pengumpulan data kegiatan secara observasi lapangan tepatnya wilayah lokasi Tirtosari View, serta pengelolah Tirtosari View khususnya pada kelompok sadar wisata Desa Penanggal. Penelitian ini bertujuan dapat memperkenalkan kekayaan alam serta banyaknya potensi wisata Desa Penanggal kepada masyarakat luas.References
Fitrianto, A. R., Ahmadia, O., Madinah, S. H., Iin, C., Nur, M. F., & Nadhifa, Z. (2020). Optimalisasi Potensi Desa Wisata Edukasi di Ledug Prigen. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 276-284.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rocmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGIA, 173-188.
Pradana, M.I.W. dan Mahendra, G.K. 2021. Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata Di Objek Wisata Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul. JSPG: JournalofSocialPoliticsandGovernance 3(2), 74-85.
Rohman, T.R. dan Azizah,S. 2019. Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Peternakan di Kampung Susu Dinasty Desa Sidem Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Karta Raharja 1(2),65–71.
Sutisno, A.N. dan Afendi, A.H. 2018. Penerapan Konsep Edu-Ekowisata Sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan. Ecolab 12(1), 1-52.
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-28 (2)
- 2022-06-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nabilla Aziza Fajar Alfiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.