MENINGKATKAN KEPEDULIAN TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA

Authors

  • Mustika Sarila Ningrum Universitas Widya Husada Semarang
  • Arini Khusniyati Universitas Widya Husada Semarang
  • Maulida Izzatin Ni’mah Universitas Widya Husada Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5642

Keywords:

Permasalahan, Kesehatan Mental, Remaja

Abstract

Akhir – akhir ini sedang marak diperbincangkan isu – isu dan kasus menyangkut sisi psikologis manusia. Beberapa orang menghadapi hal – hal baru yang memberikan pembelajaran baru pula dalam hidup mereka. Namun tidak mudah juga bagi beberapa dari mereka untuk melalui hal tersebut. Lingkungan dan gaya hidup mungkin erat kaitannya terhadap kondisi kesehatan mental dalam diri seseorang. terutama pada usia remaja. Yang mana usia remaja merupakan masa dimana seseorang sedang mengalami proses pencarian jati dirinya, sehingga perlu adanya kontrol diri dan kepekaan terhadap kondisi psikologis. Kesehatan mental seharusnya menjadi permasalahan yang mendapatkan perhatian serius dari orang – orang terdekat si penderita. Kesehatan mental terutama pada remaja sangat dibutuhkan untuk berkembang dengan cara yang sehat, membangun hubungan social yang kuat, beradaptasi dengan perubahan dan menghadapi tantangan hidup. Yang mana apabila kesehatan mental terganggu dapat mempengaruhi keberlangsungan hidupnya. Dapat dilihat tanda – tandanya seperti terlihat tidak bersemangat, nafsu makan berkurang, pola terganggu/ susah tidur, dan rasa cemas atau khawatir yang berlebihan. Hal tersebut dapat mengganggu aktivitas keseharian seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental.

References

Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Lararenjana, e. (2021, oktober 06). pentingnya kesehatan remaja yang perlu diketahui. Retrieved from merdeka.com.

Purba ,dkk., D. H. (2021). Kessehatan Mental. yayasan kita menulis.

Ryo. (2019, Oktober 09). Ini penyebab daan bahaya gangguan kesehatan mental pada remaja yang tidak ditangani . Retrieved from orami.co.id.

Trifiana, A. (2021, Mei 13). Retrieved from sehatq.com:

https://www.sehatq.com/artikel/faktor-lingkungan-yang-berpengaruh-pada-mental

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Ningrum, M. S. ., Khusniyati, A. ., & Ni’mah, M. I. . (2022). MENINGKATKAN KEPEDULIAN TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1174–1178. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5642 (Original work published June 30, 2022)