PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMA PLUS MUHAMMADIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5607Keywords:
Media Interaktif, Ispring Suite, Video Pembelajaran.Abstract
Pandemi Covid-19 mengubah sistem pembelajaran tatap muka (luring) menjadi pembelajaran online (daring). Tujuan pengabdian ini adalah untuk melatih guru SMA Plus Muhammadiyah dalam pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite. Metode pelaksanaannya adalah obsevasi ke sekolah, sosalisasi tentang pembelajaran interaktif kepada guru, pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dalam bentuk vidio pembelajaran, power point yang interaktif dan menarik berbasis flash, pembuatan soal latihan yang mewakili setiap indikator pembelajaran serta evaluasi atas ketercapaian kegiatan. Kendala yang dialami dalam pengabdian, yaitu hari ke-2 dalam pembuatan video, sebagian guru mengalami kesulitan karena spesifikasi laptop kurang mendukung aplikasi sehingga lambat untuk digunakan dan sebagian fitur-fitur tidak dapat digunakan. Pada saat pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan Ispring Suite 9, guru senang dan antusias terkait pelatihan tersebut. Pengabdi mengharapkan guru dapat menggunakan Ispring Suite 9 dalam media pembelajaranReferences
Alqahtani, A. Y., & Rajkhan, A. A. (2020). E-learning critical success factors during the covid- 19 pandemic: A comprehensive analysis of e-learning managerial perspectives. Education Sciences, 10(9), 1–16. https://doi.org/10.3390/educsci10090216
Fauziah, I., Ernita, E., Octavia, D. R., & Dwiyanti, M. (2020). Analisis Gangguan Psikososial Dan Emosional Aud Di Ra Nurul Iman Medan Belawan Selama Pembelajaran Berbasis Daring. Kumara Cendekia, 8(3), 316. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.44282
HIMMAH, F. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Kelas Viii. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 73–82.
Nursidik, H., & Suri, I. R. A. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583
Siregar, L. F., Pandiangan, N., Sumanik, N. B., Kimia, P., & Musamus, U. (2021). Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. 5(3), 412– 420.
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-22 (2)
- 2022-06-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lamtiar Ferawaty Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.