This is an outdated version published on 2022-06-30. Read the most recent version.

PENGARUH PROGRAM “AYO MEMBACA” DARI MINAT BACA SISWA SMP ROUDLOTUSSALAM

Authors

  • Tita Dwi Agustin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dida Rahmadanik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5544

Keywords:

[email protected]

Abstract

Program pemerintah dalam kegiatan MBKM ( Merdeka Belajar- Kampus Merdeka) dimana salah satu programnya yakni program Kampus Mengajar yang dibuat untuk meningkatkan dan meratakan pendidikan di Indonesia khususnya di daerah plosok atau daerah-daerah terpencil 3T di Indonesia. Dalam kegiatan kampus mengajar ini mengutamakan 4 aspek yaitu meliputi literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi sekolah. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini yang dilakukan adalah mengamati pengaruh dari program yang telah dibuat untuk mewujudkan salah satu aspek kampus mengajar khususnya pada literasi siswa di SMP Roudlotussalam.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan instrument kuesioner dengan responden siswa kelas VII dan VIII. Hasil penelitian bahwa dengan adanya program “Ayo Membaca!” efektif dalam meningkatkan literasi Bahasa siswa-siswi di SMP Roudlotussalam

References

Rahim Hamidah , Suryani Nidia 2022. Keefektifan Program Kampus Mengajar Terhadap Peningkatan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 40 Padang. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Soenandi Iwan Aang dkk. 2021. Peningkatan Kesiapan Literasi Digital Dalam Menunjang MBKM Kampus Mengajar di Wilayah Desa Tajur Halang SD, SMP Sinar Kasih dan Masyarakat Sekitar. Universitas Kristen Krida Wacana.

Sunaengsih Cucun, 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

Rachman Bagus Ali dkk, 2021. Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2.

Suandi I Nengah, dkk. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Teknik Sispem Pada Siswa Sman1 Singaraja. Universitas Pendidikan Genesha

Dwi Noerbella. (2022).Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik.Jurnal Cakrawala Pendas,

Hadiyati, Fatkhurahman, & Suriti, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisa?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan,

Downloads

Published

2022-06-30

Versions

How to Cite

Agustin, T. D. ., & Rahmadanik, D. . (2022). PENGARUH PROGRAM “AYO MEMBACA” DARI MINAT BACA SISWA SMP ROUDLOTUSSALAM . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1141–1146. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5544