PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BERBASIS KONTEN PADA VE BORDIR DAN SULAMAN BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5516Keywords:
Strategi, Digital, Marketing, Konten, SulamanAbstract
Strategi digital marketing sangat penting dilakukan sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan. Saat ini ini menjalin komunikasi efektif dengan pelanggan menjadi suatu keharusan sehingga dapat memahami pelanggan. Ve Bordir dan Sulaman melakukan promosi dengan berbasis konten untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang bernilai dan menarik dengan tujuan mengajak, memperoleh, dan melibatkan target sasaran yang jelas dan dipahami agar dapat mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Metode yang dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan tiga tahapan, pertama tahap persiapan, yaitu diawali melakukan koordinasi kegiatan, mengurus perizinan, pembuatan spanduk kegiatan, menyiapkan materi dan membuat jadwal kegiatan dan mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Tahap kedua, implementasi dan kegiatan, kegiatan ini dilakukan selama 3 hari. Hari pertama, sosialisasi untuk memberikan materi terkait strategi digital marketing berbasis konten. Hari kedua dan ketiga dilakukan pengambilan video dengan menggunakan model laki-laki dan perempuan. Tahap ketiga, kegiatan evaluasi dilakukan setelah video di upload ke youtube. Kemudian akan dipantau secara berkala jumlah pengikut (subcriber), banyak tontonan dan komentar yang ditulis. Setelah itu tim meminta mitra untuk selalu mengupdate konten youtube 1 x dalam seminggu. Tujuh strategi digital marketing yaitu penetapan tujuan, pemetaan target pasar, memulai dan merencanakan konten, penciptaan konten, distribusi konten, penguatan konten dan evaluasi konten pemasaran. Dalam waktu enam hari setelah konten di share ke Youtube terlihat konten cukup menarik bagi calon konsumen karena sudah ditonton sebanyak 54 kali, 21 subsriber dan 7 komentar. Strategi digital marketing sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan.References
Adiyono, N. G., Rahmat, T. Y., & Anindita, R. (2021). Digital Marketing Strategies To Increase Online Business Sales Through Social Media. Journal of Humanities, Social Science, Public Administration and Management (HUSOCPUMENT), 1(2), 31–37. https://doi.org/10.51715/husocpument.v1i2.58
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. 6(2), 233–247.
Bloomstein, M. (2012). ContentStrategy at Work. Elsevier B.V.
BPS. (2020). Statistik Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan III-2020. Berita Resmi Statistik, No. 15/02/(15), 1–12.
Elida, Tety, A. R. (2019). Pemasaran Digital (1st ed.). IPB Press.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 144–151.
Hayu, R. S. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millennial Indonesia. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(1), 61. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.362
Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/718
Kotler, P., Kartajaya, I., & Setiawan, H. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons Ltd.
Ramadhayanti, A. N. A. (2019). Strategi Pemasaran di YouTube Melalui Subscriber & Komentar dan Perspektif Persuader Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 10(1), 9–21.
Rapitasari, D. (2016). Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10(2), 107–112. http://www.cakrawalajournal.org/index.php/cakrawala/article/view/36
Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co Dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, 9(2), 152. https://doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980
Siagian, A. O. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. 3(1), 206–217.
Singh, S., & Sonnenburgb, S. (2012). Brand Performances in Social Media. Journal of Interactive Marketing, 26(4).
Wuebben, J. (2012). Content is Currency. Nicholas Brealey.
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-20 (2)
- 2022-06-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rina Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.