PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK UNTUK MEMPERLUAS PASAR PADA UMKM CATERING MAKANAN TRADISIONAL

Authors

  • Niluh Eka Putri Setiawandari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Yusak Abraham Febryanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Salsabila Wardhani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5440

Keywords:

Nilai Tambah, UMKM, Desain Kemasan, Profitabilitas, Daya Beli Konsumen.

Abstract

Industri pangan merupakan industri yang selalu memiliki pasar dan sangat digemari bagi para pelaku UMKM. Terutama pada industri catering. Setiap ada kegiatan baik itu kegiatan formal maupun informal pasti akan membutuhkan konsumsi. sehingga catering merupakan salah satu pilihan bagi para panitia kegiatan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi. Salah satu UMKM yang bergerak di catering berada di Kelurahan Bendul Merisi, Kota surabaya yaitu Sekar catering. Kendala yang dihadapi oleh Mitra yaitu desain kemasan yang masih sederhana dan belum memiliki daya tarik khusus. Padahal desain kemasan adalah salah satu faktor penentu konsumen atau pelanggan dalam membeli dan berkaitan dengan nilai tambah produk. Oleh karena itu, tujuan tim dalam kegiatan kali ini adalah dengan memberikan solusi dari kendala yang dialami oleh Mitra dengan membuatkan desain kemasan yang lebih menarik, yang diharapkan dapat meningkatkan daya beli konsumen yang nantinya akan berdampak pada peningkatan nilai tambah produk dan profitabilitas UMKM. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah partisipatory(PRA), yang merupakan suatu metode pemberdayaan yang menekankan partisipasi aktif Mitra dalam perencanaan program sampai dengan evaluasi program. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mewujudkan desain kemasan baru bagi mitra yang lebih, memiliki ciri khas yang dapat menjadi identitas khusus atau pembeda UMKM Sekar catering dengan usaha catering lainnya. Diharapkan hasil dari kegiatan akan dapat menarik minat konsumen, memperluas pasar, dan meningkatkan omset penjualan bagi mitra.

References

Ciptanto, S. (2010). Top 10 Ikan Air Tawar Panduan Lengkap Pembesaran Secara Organik di Kolam Air, Kolam Terpal, Karamba, dan Jala Apung. Yogyakarta

(ID): Lily Publisher.

Pondaag, I.S. (2010). Budidaya Ikan Nila. Jakarta (ID) : Departemen Pertanian.

Muhandri T, Herawati D, Budi FS, Nuraida L, Koswaara S, Agista AZ, Sukmawati Y.(2016). Kesiapan usaha mikro kecil menengah pangan dalam penerapan ISO 9001:2008 (studi kasus di Palu, Sulawesi Tengah). Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat,2 (2): 61- 66.

Karuntu MM dan Mandey SL. (2020). Kelompok penjual makanan secara online di perumahan Griya Paniki Indah (GPI) kecamatan Mapanget kota Manado propinsi Sulawesi Utara. The Studies of Social Science, 2(1): 1-7.

Santoso, Rudi, Candraningrat Candraningrat, and Lilis Binawati. "Elemen Kecerdasan Wirausaha Untuk Meningkatkan Kinerja Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Surabaya." BISMA (Bisnis dan Manajemen) 10.1 (2017): 73-89.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171108140512-277-254346/makna-motif-sidomulyo-iriana-jokowi-di-pernikahan-kahiyang

Saghranie, S. (2020). Hubungan antara QR Code dan Dunia Industri dan Perdagangan. Pusdiklat Industri, 1(1), 1–11.

Aneka Kripik Malang (2016). “Kemasan Makanan dan Minuman Yang Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan”. Maret 9, 2017

(http://anekakeripikmalang.com/2014/06/14/kemasan-makanan-dan-minuman-yang-tidak- berbahaya-bagikesehatan/)

Greenpack (2014). “Kemasan Makanan”. Maret 9,2017

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Edisi Kedua. Jakarta:Balai Pustaka.

Louw, A. & Kimber, M. (2007). The Power of Packaging, The Customer Equity Company. Redaksi BisnisUKM. (2015). “Mengenal Bahan Kemasan Makanan Dan Minuman”. Maret 8, 2017.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-17

Versions

How to Cite

Setiawandari, N. E. P. ., Febryanto, Y. A. ., & Wardhani, S. . (2022). PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK UNTUK MEMPERLUAS PASAR PADA UMKM CATERING MAKANAN TRADISIONAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1123–1128. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5440 (Original work published June 30, 2022)