PERAN AGILE GOVERNANCE DALAM OPTIMALISASI POTENSI WISATA BERKELANJUTAN DI KELURAHAN NYAMPLUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5404Keywords:
Pengembangan Wisata, Agile Governance, NyamplunganAbstract
Pengembangan pariwisata merupakan salah satu usaha untuk mengembangkan atau memajukan objek wisata agar objek wisata tersebut lebih baik dan lebih menarik ditinjau dari segi tempat maupun benda-benda yang ada didalamnya untuk dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya, Kecamatan Pabean Cantian, Kelurahan Nyamplungan salah satu daerah yang memiliki potensi destinasi wisata berkenlajutan yang sangat tepat dalam dikembangkan mulai dari pembentukan pengurus wisata hingga perencanan wisata. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan strategi pengembangan potensi wisata dalam optimalisasi wisata berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pengembangan potensi wisata berkelanjutan di Kelurahan Nyamplungan. Analisis teori yang digunakan dalam penelitan ini merupakan agile governance yang memiliki 6 prinsip yaitu good enough governance, business driven, human focused, based on quick wins, systematic and adaptive approach, dan simple design and continuous refinement. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum sepenuhnya masyarakat sadar akan kaya potensi destinasi wisata berkelanjutan yang dapat dikembangkan di Kelurahan Nyamplungan.References
Anggarini, D. T. (2021). Upaya Pemulihan Industri Pariwisata Dalam Situasi Pandemi Covid -19. Jurnal Pariwisata, 8(1), 22–31. https://doi.org/10.31294/par.v8i1.9809
Chintary, V., & Lestari, A. (2016). Peran Pemerintah Desa Dalam Mengelola Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 5(2), 101802.
Jannah, U. (2019). Strategi bauran komunikasi pemasaran obyek wisata baru (studi deskriptif wisata bukit kapur setigi di desa sekapuk kecamatan ujungpangkah kabupaten gresik).
Luna, A., Costa, C., Moura, H., Novaes, M., & Nascimento, C. (2010). Agile Governance in Information and Communication Technologies: Shifting Paradigms. JISTEM Journal of Information Systems and Technology Management, 7(2), 311–334. https://doi.org/10.4301/s1807-17752010000200004
Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Sholihah, N. M. (2020). Analasis Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) TentanPengelolaan Wisata Setigi Untuk Perkembangan Ekonomi Masyarakat Desa Sekapuk. 1–14. http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/5698
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-15 (2)
- 2022-06-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 M. Chasan Amrulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.