SOSIALISASI IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN KEPADA KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) BUKIT MATOA PADANG

Authors

  • Awalul Khairi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Jimmy Novrianto Sharma Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Yeki Candra Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5387

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Persuasif, Pokdarwis Bukit Matoa

Abstract

Tempat wisata yang bagus harus didukung oleh kemampuan untuk memasarkan tempat wisata tersebut. Sebagus apapun sebuah tempat wisata, tidak akan berguna jika tidak ada orang yang datang mengunjungi tempat tersebut. Dibutuhkan suatu upaya lebih agar objek wisata bisa dikenal oleh masyarakat luas baik di dalam negeri maupun mancanegara. Bukit Matoa adalah tempat wisata yang relatif baru di Kota Padang sehinnga dibutuhkan komukasi pemasaran yang efektif sehingga bisa dikenal luas. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai Komunikasi Pemasaran Kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Matoa di Padang Selatan sehingga mereka mampu mengaplikan teknik Komunikasi Pemasaran sehingga dapat menarik banyak pengunjung ke objek wisata Bukit Matoa. Sebelum dilakukannya kegiatan PKM ini didapati bahwa anggota Pokdarwis belum melakukan komunikasi yang menyeluruh sehingga tidak bisa menarik banyak pengunjung ke objek wisata ini. Setelah PKM ini dilaksanakan menunjukkan anggota Pokdarwis melai bisa memahami dan melaksanakan Komunikasi Pemasaran yang bersifat persuasif sehingga dapat memancing rasa ingin tahu masyarakat untuk datang ke objek wisata ini.

References

A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran Analisis untuk perancangan strategi pemasaran. Yogyakarta:UPP STIM YKPN

Hermawan, Agus. 2012. KomunikasiPemasaran. Jakarta: Erlangga

Lee, Monle dan Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna. Jakarta: Kencana Prenada Media

Kottler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Klaten: PT Intan Sejati

M.A,Morison.2010.Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta:Prenada media Group

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-20

Versions

How to Cite

Khairi , A. ., Sharma, J. N., & Candra, Y. . (2022). SOSIALISASI IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN KEPADA KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) BUKIT MATOA PADANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1091–1095. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5387 (Original work published June 30, 2022)